24 June 2018

Diiringi Orkestra Spanyol, Lagu Sinanggar Tulo Pukau Penonton

Konfrontasi - Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibuat heboh oleh penampilan grup orkestra asal Spanyol, Vinculos. Bersama orkestra asal Indonesia, Trinity Youth Orchrsta, mereka berhasil berkolaborasi membawakan lagu asal Sumatera Utara, Sinanggar Tulo.

Pertunjukan yang dimulai sekitar pukul 16.30 WIB tersebut dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid. Dalam sambutannya, Hilmar menyambut baik kolaborasi orkestra kedua negara. Dirinya berharap kolaborasi semacam itu bisa terus berlanjut. 

"Semoga kolaborasi orkestra seperti ini bisa terus berlanjut dan tidak berhenti sampai disini. Selamat menikmati pertunjukan orkestra ini," ujar Hilmar saat membuka kolaborasi orkestra di Gedung Kemendikbud, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (6/8/2017).

Pertunjukan dibuka dengan penampilan Vinculos yang membawakan 5 lagu berbahasa Spanyol. Penonton yang hadir langsung terpukau dengan penampilan mereka. Sekedar informasi, sebelum tampil di Jakarta, Vinculos sempat menggelar pertunjukan orkestra di Danau Toba, Sumatera Utara.

Usai Vinculos membawakan pertunjukan orkestra mereka, selanjutkan Trinity Youth Orchestra yang tampil menghibur penonton yang hadir. Mereka juga membawakan 5 lagu antara lain Indonesia Pusaka, Gang Kelinci, Si Patokaan, Kampuang Nan Jauh Di Mato dan satu lagu dari Jakarta, Si Jali-jali. Lagi-lagi, penonton kembali dibuat terpukau oleh penampilan mereka.

Usai kedua grup orkestra tersebut tampil secara sendiri-sendiri, tibalah waktunya kedua grup orkestra berbeda bahasa dan budaya tersebut tampil berkolaborasi. Sebelum kolaborasi dimulai, pembawa acara sempat bertanya bagaimana kesan-kesan Vinculos selama berada di Indonesia. Konduktor Vinculos bernama Manuel menyebut dirinya sangat terkesan dengan keindahan dan keberagaman yang ada di Indonesia.

"Indonesia negeri yang sangat indah," sebut Manuel dalam bahasa Spanyol.

Tak hanya itu, Manuel mengatakan lagu-lagu yang mereka pelajari dan bawakan selama berada di Indonesia akan selalu terngiang olehnya dan anak didiknya.

Category: 
Loading...