4 Trik Cepat Memahami Isi Buku yang Super Tebal

Konfrontasi - Buku menjadi “makanan” wajib mahasiswa selama menuntut ilmu. Tak jarang, dosen memberi referensi buku yang supertebal untuk dibaca.

Aktivitas yang padat sering membuat mahasiswa tak ada waktu untuk membaca buku. Ada juga yang merasa malas setelah melihat bukunya tebal. Lantas, bagaimana cara menyiasatinya? Berikut ini cara menyiasati agar "semangat" membaca buku seperti dilansir Okezone.

1. Baca ikhtisar

Untuk mengetahui garis besar isi buku, kamu bisa baca ikhtisar atau ringkasannya terlebih dulu. Kemudian jika memang tak ada waktu untuk membaca seluruhnya, cek daftar isi buku. Lihat poin atau bab yang benar-benar perlu kamu baca.

2. Tandai kalimat penting

Gunakan stabilo untuk menandai kalimat atau poin yang penting. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mencari kembali jika diperlukan. Pilih stabilo dengan warna yang terang sehingga tulisan dalam buku bisa dibaca dengan jelas.

3. Buat catatan

Mencatat bisa membuat kamu hafal terhadap isi buku yang dibaca. Jadi, tak ada salahnya kamu menuliskan poin-poin penting ke sebuah buku catatan sesuai kalimat atau penulisan yang mudah kamu pahami.

4. Cari informasi mengenai buku

Kamu bisa mencari informasi buku melalui internet, mulai penulis, penerbit, hingga isi bukunya. Di sana, kamu juga bisa melihat komentar orang-orang yang pernah membaca buku tersebut. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA