.

''Kaesang-gate'' Sinyal Senjakala Kekuasaan Jokowi, kata Pengamat Politik ini



KONFRONTASI- Sejarah sering berulang.  Dua anak Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep dilaporkan oleh Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ),  Ubedillah Badrun ke KPK atas kasus dugaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)  dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).  Dugaan KKN Gibran-Kaesang itu disebut masyarakat politik (political society) sebagai ''Kaesang-gate'', seperti halnya dulu  muncul istilah Bulog-gate (skandal Bulog  oleh Sapuan dan Suwondo) , Century-gate (skandal Bank Century) dst, meski  sejak awal kasus-kasus itu tidak sama, namun bau sangit dugaan KKN . Jangan lupa bahwa di era reformasi, masyarakat sangat benci  korupsi-kolusi-nepotisme  yang di era Jokowi  tetap  merajalela.  Demikian pendapat  aktivis  anti-korupsi Muslim Arbi yang juga  Ketua Gerakan Perubahan dan mantan aktivis HMI -ITB.

 ‘’Istilah isu ''Kaesang-gate'' ini  muncul  dari  masyarakat,  jurnalis dan   aktivis sebagai suatu keprihatinan dan kekecewaan, dan memang isu ini  mengejutkan publik karena membuka tabir keterlibatan para konglomerat  yang tersangkut dalam dugaan KKN itu.  Masyarakat  jadi ingat kembali  Century-gate era Presiden SBY, Bulog-gate Suwondo  yang merugikan/menyudutkan Presiden Gus Dur dan kini ''Kaesang-gate'' yang dinilai menodai era Jokowi.  Jelas ada Oligarki -konglomerasi  yang dicurigai  sangat kental dengan dugaan KKN  Gibran-Kaesang  yang  disebut oleh  masyarakat sebagai  isu ''Kaesang-gate'' ini,’’ kata Muslim Arbi,  aktivis senior dan pengamat  sosial-politik . 

Menurutnya, kontrol media sosial, masyarakat dan mahasiswa tidak akan padam atas dugaan KKN Kaesang alias ''Kaesang-gate''  yang dilaporkan Ubedilah ke KPK ini meski mereka mungkin diserang ratusan buzzerRp sekalipun. Pertanyaannya adalah  di tengah kontroversi isu tiga periode masa jabatan, apakah Kaesang-gate ini merupakan senjakala kekuasaan Jokowi? ''Saya melihatnya begitu,'' kata Arbi seraya menambahkan bahwa isu ''Kaesang-gate'' ini  mengguncang para konglomerat/oligarki  yang merasa nyaman karena sejak era SBY sampai Jokowi sudah merasuki/mendominasi lorong elite kekuasaan.



Jauh sebelum kasus ini dilaporkan ke  KPK, Kaesang pernah  berbicara terang - terangan mengenai bisnisnya itu ketika tampil di kanal Youtube Podcast Deddy Corbuzier. Dalam wawancara itu, Kaesang mengakui, bahwa untuk memuluskan bisnisnya itu, dirinya  memang menggunakan ''hak istimewa'' sebagai anak presiden.  Namun kata, dia previlege tersebut tidak sama sekali dipakai untuk tindak korupsi.

“Harus aku ngakuin jujur, kita gunakan privilege kita semaksimal mungkin, tapi tanggung jawab, jangan privilege itu buat korupsi. Itu ya enggak boleh.” kata Kesang dikutip  wartaekonomi.co.id, Senin (17/1/2022). 

Menurut Muslim Arbi, pengakuan Kaesang itu memicu  publik menyebut  kasusnya sebagai ''Kaesang-gate'' karena  ada  pengakuan tersebut, suatu  indikasi bahwa anak presiden itu  terkesan memanfaatkan situasi dan posisi, ''aji mumpung'',  dalam berbisnis yang mendapat  kucuran/suntikan dana  hampir 100 milyar  rupiah atau lebih. ''Padahal secara moral etik dan kepatutan, anak presiden dan keluarga presiden tidak boleh berbisnis. Dan Megawati Soekarnoputri menyebut ada benalu yang cari untung saat Pandemi, itu juga mengejutkan publik,'' kata Muslim Arbi

Menurutnya, hiruk pikuk dan  ramainya isu dugaan KKN kedua anak  Jokowi itu  seakan menggemparkan  masyarakat dan istana. Laporan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ),  Ubedillah Badrun ke KPK atas kasus dugaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)  dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) itu menjadi ujian bagi KPK dan penegakan hukum di negeri kita. 

Terpisah, sebelumnya  mantan Ketua tim 11 KPU tahun 1999 Bennie Akbar Fatah mengungkapkan bahwa,  ‘’Kasus Gibran-Kaesang dan Suwondo tidak mirip, tak sama,  tapi nuansa dugaan  KKN-nya  meruak dan membuka mata batin masyarakat bahwa reformasi belum selesai. Suwondo yang mengaku tukang pijat Gus Dur saja,  bisa meraup/membobol  dana Yayasan Dana Bina Sejahtera Karyawan Badan Urusan Logistik senilai Rp 35 milar. Apalagi Kaesang mengakui, bahwa untuk memuluskan bisnisnya itu, dirinya  memang menggunakan ''hak istimewa'' sebagai anak presiden, meski katanya, previlege tersebut tidak sama sekali dipakai untuk tindak korupsi,”kata Bennie Fatah, pemerhati politik dan aktivis senior Gerakan 1998.

Masyarakat kini  mengingat kembali spirit Reformasi melalui TAP MPR XI/1998 dan TAP MPR VIII/2001, yang anti- KKN yang berdampak sangat merugikan  rakyat dan Negara. Dan  Ubedilah Badrun  kabarnya mendapatkan banyak ancaman usai melaporkan dugaan KKN dua anak presiden ke KPK, Ubedilah Badrun mendapatkan beragam ancaman setelah melaporkan Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep ke KPK. Ahli filsafat dan analis politik Rocky Gerung mengatakan, munculnya ancaman-ancaman terhadap Ubedilah adalah hal yang buruk dan dia mengusulkan pentingnya pendamping hukum bagi Ubedilah. (kf/berbagai sumber)

 

 

Nama

EKBIS,3281,ENGLISH,1319,FEED,33945,FOKUS,4309,GLOBAL,8849,HIBURAN,1911,HUKUM,3152,IPTEK,3714,NASIONAL,13215,OLAHRAGA,2032,OPINI,1239,POLITIK,3343,PROMOTE,4,RAGAM,9364,RELIGI,666,Z,29126,
ltr
item
Konfrontasi: ''Kaesang-gate'' Sinyal Senjakala Kekuasaan Jokowi, kata Pengamat Politik ini
''Kaesang-gate'' Sinyal Senjakala Kekuasaan Jokowi, kata Pengamat Politik ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhkfubF9lN7TDXAw0BWZ1irAh5cu3RFvNwTcnbkgxjWlOJDZBeCEMcAHlt9XaDxmdoW7jcRI54HH_lm-Zz64L4AQVG8IT1LuDwsM1zjY8H-4utIVazAzwjJVFkooalfNB2PDIo3agZUG0fmwnqZY0tErgfGjIjxqA0mZt_nqX5oyA4s9VRe1Dn6PEjuCw=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhkfubF9lN7TDXAw0BWZ1irAh5cu3RFvNwTcnbkgxjWlOJDZBeCEMcAHlt9XaDxmdoW7jcRI54HH_lm-Zz64L4AQVG8IT1LuDwsM1zjY8H-4utIVazAzwjJVFkooalfNB2PDIo3agZUG0fmwnqZY0tErgfGjIjxqA0mZt_nqX5oyA4s9VRe1Dn6PEjuCw=s72-c
Konfrontasi
https://www.konfrontasi.com/2022/01/publik-mulai-menyebut-dugaan-kkn-gibran.html
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/
https://www.konfrontasi.com/2022/01/publik-mulai-menyebut-dugaan-kkn-gibran.html
true
7622946317735281371
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy