9 December 2019

Tinggalkan KPK, Ini Pesan Busyro untuk Penggantinya

KONFRONTASI-Hari ini (Selasa, 16/12), Busyro Muqqoddas mengakhiri jabatannnya sebagai wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Busyro pun mempunyai pesan kepada siapapun penggantinya nanti di lembaga antikorupsi tersebut.

"‎Pesannya untuk pimpinan KPK nanti. Siapapun pimpinannya nanti, oleh DPR tentu sejak awal udah mempunyai persepsi, penilaian yang jernih dan objektif tentang KPK dan tentang dirinya sendiri. Jadi harus ukur badan," terang dia ketika dijumpai di Kantor KPK Jakarta, Selasa (16/12).

Pesan lainnya, calon pengganti dia juga harus mengenal lebih dalam KPK. Salah satunya, mengenai tradisi yang selama ini diterapkan di KPK oleh pimpinan, penyidik maupun karyawan di lembaga ad hoc itu.‎ Kata Busyro, penggantinya itu juga harus menaati dan melaksanakan tradisi itu.

"Teman-teman KPK yang sudah 11 tahun tertanam tradisi-tradisi independensi yang sangat kuat dan etos kerja yang terbangun, sehingga kalau punya agenda-agenda yang berbeda dengan misi KPK saya pikir tidak butuh waktu lama orang itu kalau punya agenda lain akan terpental dengan sendirinya," terang mantan Ketua Komisi Yudisial itu.

"Ini pesan  moral kepada siapapun yang masuk. tapi kalo dia bisa dengan serius berintegrasi secara moral dengan etos  kerja yg ada maka dia menjadi bagian yg  penting dari sebuah komunitas penegakan hukum yg udah mengenal ideologi pemberantasan korupsi," sambung doktor hukum asal Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu.

Untuk diketahui, meski jabatannya berakhir hari ini, Busyro masih nyalon lagi menjadi pimpinan KPK. Busyro belum lama ini telah mengikuti tes tahap akhir, yakni uji kepatutan dan kelayakan (fit and propert test) di DPR RI.

Selain Busyro, calon pimpinan KPK lainnya, yakni Roby Arya Brata. Sama seperti Busyro, Roby juga telah mengikuti fit and propert test di DPR RI. Namun, karena terhalang reses maka keputusan siapa yang lolos dalam tes tersebut ditunda hingga awal Januari 2015 mendatang.[mr/rmpl]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...