9 April 2020

Soal naiknya harga Tiket Pesawat, Rizal Ramli: Ide Jokowi Cetek Amat. RR Ingin Airline Nasional Perkasa

KONFRONTASI- Tahun 2000, Menko Ekuin Dr  Rizal Ramli  (RR) sebetulnya bisa cari jalan gampang, tinggal buka pasar domestik & internasional untuk asing. Harga tiket pasti turun, tapi asing yang kuasai, akhirnya harga akan naik lagi. RR tidak mau melakukan hal itu, justru dia beri izin 6 airline baru : Sriwijaya, Lion dsb. ‘’Supaya airline nasional perkasa,’’ tegas RR.

Rizal Ramli ikut mengomentari pernyataan Presiden Joko Widodo soal melonjaknya harga tiket pesawat. Dalam suatu wawancara, Jokowi, sapaan akrab presiden memandang perlu untuk mengundang maskapai asing masuk Indonesia agar harga tiket bisa terjangkau.

“Maaf Pak Jokowi, kok solusinya cetek dan merugikan kepentingan nasional? Pasar domestik di negara-negara besar khusus untuk airline domestik. Suruh menterinya belajar cara ngatur duopoly supaya tidak rugikan konsumen,” cuit Rizal Ramli dalam twitternya, Jumat (31/5).

Dalam wawancara tersebut, Jokowi menilai salah satu faktor tiket mahal karena kurangnya kompetisi dalam pasar penerbangan.

Menurut Jokowi dengan mengundang maskapai-maskapai baru untuk membuka rute domestik nantinya akan membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan maskapai akan semakin efisien.

Selain itu, Jokowi juga menyebut perizinan di Indonesia memungkinan untuk maskapai asing bisa mendirikan perusahaan (perseroan terbatas) dan membuka rute-rute domestik.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...