21 February 2018

Soal Kebijakan Pengetatan Anggaran, Rizal Ramli: Kreditor Senang, Rakyat Susah

KONFRONTASI-Meski sudah berkali-kali gagal, kebijakan pengetatan ekonomi nasional tetap saja terus dipaksakan untuk diterapkan. Begitu dikatakan ekonom senior, Rizal Ramli dalam diskusi bertajuk "Ekonomi Indonesia di Tahun Politik" di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (14/2).

Rizal menyebut kebijakan itu sama sekali tidak membuat rakyat senang. Justru kebijakan pengetatan ekonomi akan membuat kreditor bagi negara yang mengambil untung. Rizal tidak merasa yakin bahwa kebijakan tersebut dapat meningkatkan ekonomi nasional.

"Kreditor seneng banget, karena dengan ada pengetatan itu ya kita ada peluang bayar kepada kreditor. Hebat sekali kalau kemudian rakyatnya makin susah tapi bayar terus ke kreditor," jelasnya.

Ia pun menyindir Menteri Keuangan, Sri Mulyani sebagai pembuat kebijakan yang baru saja menerima penghargaan di sebuah forum di Dubai, Uni Emirat Arab. Rizal, menilai penghargaan tersebut sangatlah konyol. Sebab pujian tersebut tidak melihat kondisi nyata bahwa rakyat Indonesia semakin menurun.

"Jadi kalau ada yang muji ya itu siapa? Malah yang begitu (bikin rakyat susah) dapat penghargaan pula, dari lembaga itu," ujar mantan Menteri Perekonomian era Presiden Gus Dur itu.[mr/rmol]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...