11 December 2019

Rizal Ramli: Pimpinan Bulog Harus Punya Mental Kuat

KONFRONTASI - Tokoh perubahan, Rizal Ramli menilai pemimpin Badan Urusan Logistik (Bulog) harus memiliki mental yang kuat.  Terutama dalam menghadapi persoalan dalam menggertak para pedagang yang menahan komoditi beras dengan dalih mendapatkan keuntungan.

"Stok beras Bulog perlu benar-benar diperkuat, karena ada saja pedagang yang nakal yang menahan beras. Kalau saya perhatikan, Bulog sekarang iya-iya saja," ujarnya dalam diskusi ‘Politik, Ekonomi, dan Tata Kelola Perbesaran; Serta Dampaknya Kepada Stabilitas Nasional’ di Puri Denpasar Hotel Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, (20/3).

Rizal kemudian menuturkan hasil capaiannya selama menjabat sebagai kepala Bulog. Saat itu, komoditas barang justru sebagai valuta asing, sehingga bila pedagang mencoba untuk berspekulasi akan langsung ditangani.

"Kalau zaman saya dulu di Bulog, setiap kali mendapatkan laporan harga beras naik tinggi dari daerah, saya kumpulkan untuk mengetahui penyebab kenaikan harga beras, terus kita hitungkan risiko pasarnya," lanjut mantan Menko Kemaritiman itu.

Tak hanya itu, pedagang-pedagang yang mencoba menahan beras, langsung ditanganinya dengan membanjiri pasar dengan ratusan ribu ton pasokan beras.

"Para pedagang yang menahan beras tidak bisa menahan terlalu lama di gudang. Ya akhirnya dia (pedagang nakal) menyerah ikut harga Bulog," tutup pria yang sudah mendeklarasikan diri akan maju di Pilpres 2019 itu.[ian/rml]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...