Pangdam I/BB Ingatkan TNI Netral di Pemilu

KONFRONTASI -  Pangdam I/BB, Mayjen TNI, MS Fadhillah mengingatkan kepada seluruh jajaran anggota TNI dan Polri di Provinsi Sumatera Utara untuk netral dalam Pemilu. Karena kedua komponen penting bangsa itu, sama-sama tidak memiliki hak suara saat Pemilu.

Hal itu diungkapkan Mayjen TNI, MS Fadhillah saat menghadiri Rakor TNI-Polri wilayah Sumut di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, Jumat (8/02/2019).

“Melalui rapat koordinasi ini, saya berharap partisipasi aktif dari para peserta. Agar informasi maupun masukan dapat kita satukan. Sehingga diperoleh kesamaan visi, persepsi dan langkah serta tindakan dalam mengawal pelaksanaan Pemilu 2019,” ungkapnya seperti dilansir detik, Sabtu (9/02/2019).

MS Fadhillah mengharapkan kepada semua anggota TNI Polri dapat lebih maksimal menjalankan tugasnya. Khususnya dalam mengawal seluruh rangkaian kegiatan Pemilu dengan aman dan tentram. Selain itu, berbagai macam potensi konflik dan perpecahan antar anak bangsa harus bisa diredam sedini mungkin.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto juga mengingatkan seluruh anggota Polri di Sumut untuk menjaga netralitas Pemilu.

Irjen Pol Agus Andrianto menambahkan pihaknya siap mengantisipasi kerusuhan dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Sehingga, Pemilu di Sumut bisa berjalan dengan lancar, tanpa kendala. Agus pun kembali mengingatkan agar anggota TNI Polri netral di Pemilu.

“TNI bersama Polri dan masyarakat akan tetap bergandengan menjaga NKRI,” paparnya.

Diketahui, Rakor TNI-Polri wilayah Sumut 2019 itu dihadiri oleh 105 anggota TNI Polri. Para peserta itu terdiri atas Pejabat Kodam I/BB, Poldasu, Lantamal I, Kosekhanudnas III, Lanud Soewondo, Bindasu serta KPU dan Bawaslu.

Pelaksanaan Rakor TNI-Polri dilandasi profesionlitas, soliditas dan netralitas TNI-Polri bersinergi mengamankan Pemilu 2019. Selain itu, dalam hal pembangunan nasional dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya wilayah Sumut.

 

Pemilu, TNI Polri Netral, Kapolri Akan Tindak Tegas Anggotanya yang Tak Netral

Sebelumnya, Kapolri, Jenderal Tito Karnavian secara tegas menyatakan akan menindak anggota Polri yang bersikap tidak netral selama Pemilu.

“Kita sudah melakukan langkah untuk menjamin netralitas. Saya dengan Bapak Panglima TNI safari di semua wilayah menekankan ini (netralitas),” papar Jenderal (Pol) Tito Karnavian seperti dilansir tempo beberapa waktu lalu.

Seluruh anggota TNI Polri netral di Pemilu sudah menjadi ketetapan sejak lama.(Jft/KitaKini.News)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA