27 April 2018

Cerita Rizal Ramli Soal Rumah yang Dipersembahkan Mendiang Herawati, Sang Istri Tercinta

KONFRONTASI-Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli mempunyai rumah yang mengusung konsep minimalis. Namun, di balik pembangunan rumah yang berada di kawasan Bangka, Jakarta Selatan tersebut, ternyata Rizal mempunyai cerita tersendiri.

Istri Rizal, Herawati Moelyono atau yang lebih dikenal dengan Hera Ramli merupakan arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) danHarvard School of Design ini secara khusus merancang rumah tersebut untuk dirinya. Rumah tersebut mulai dibangun pada 2003 dan mulai ditempati Rizal bersama istri dan ketiga anaknya pada 2004.

Rizal menyebutkan, rumah tersebut dianggapnya sebagai bentuk persembahan sang istri semasa hidupnya untuk dirinya sebelum sang istri tercinta meninggal dunia akibat kanker payudara, hanya berselang satu tahun kemudian, tepat pada 2005.

Ketika itu, cerita Rizal, firasat kepergian Hera sebenarnya terlihat ketika rumah tersebut selesai dibangun. Rizal bersama sang istri biasanya mempunyai kamar kerja masing-masing. Namun, rumah baru tersebut justru tidak mendapati adanya kamar kerja khusus untuk Hera yang berprofesi sebagai arsitek untuk digunakan pekerjaan Hera dalam merancang konsep bangunan.

"Begitu rumah udah selesai, teman-temannya bilang 'Wah Hera, mana kamar kerja kamu?' Dia baru sadar bahwa dia enggak bikin kamar kerja buat dia. Satu tahun setelah itu meninggal. Tapi mungkin sudah ada firasat enggak sadar buat ngebangun (rumah)," jelas Rizal dilansir Okezone.

Meski demikian, Rizal mengaku nama almarhumah sang istri tercinta masih tetap melekat dan tertoreh di hatinya melalui berbagai karya hasil rancangannya. Pasalnya, Hera semasa hidupnya sengaja merancang secara khusus beragam furniture untuk Rizal yang sangat hobi membaca dan mengoleksi buku.

"Itu semua furniture didesain sendiri, tempat duduknya saja ada laci-laci buat paper-paper. Dia bikin desain sendiri, hidup namanya," pungkasnya dengan senyuman.(mr/okz)

Category: 
loading...

Related Terms