19 August 2019

Whatsapp Siapkan Fitur Kunci Sidik Jari

KONFRONTASI-Aplikasi perpesanan terpopuler dunia WhatsApp akan segera menyediakan fitur keamanan baru untuk melindungi privasi pengguna, yakni Fingerprint Lock, pengunci aplikasi dengan autentifikasi sidik jari.

Fitur Fingerprint Lock, yang sebelumnya disebut Authentication atau Screen Lock, akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan, menurut WaBetaInfo, yang selalu memberikan informasi paling awal mengenai pembaruan-pembaruan WhatsApp.

"Setelah menyediakan fitur Screen Lock untuk pengguna iOS beta (lebih dari 3 bulan lalu), WhatsApp akhirnya siap merilis itu untuk semua pengguna Android," WaBetaInfo mengumumkan, dikutip Rabu.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mencoba fitur ini, tidak perlu menunggu beberapa bulan lagi, karena WhatsApp versi 2.19.221 beta Android sudah bisa diunduh. Dalam versi 2.19.221 itu sudah tersedia fitur Fingerprint lock.

Jika sudah memperbarui dengan versi beta terbaru itu masih belum juga menemukan fitur itu, silakan Anda cadangkan dulu riwayat obrolan (chat history) dan instal kembali Whatsapp. Apabila sudah melakukan langkah itu tapi tetap tidak bisa, berarti Anda harus menunggu saat pembaruan mendatang tersedia.

Menurut WaBetaInfo, apabila versi pembaruan 2.19.3 sudah tersedia, maka semua pengguna Android (versi Marshmallow atau lebih baru) akan bisa menikmati fitur Fingerprint lock.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur Fingerprint Lock?

Anda cukup membuka WhatsApp Setting > Account > Privacy, dan di sini akan ditemukan opsi baru disebut Fingerprint lock.

Jika Anda membuka Fingerprint lock, Anda dapat memverifikasi yang akhirnya memungkinkan untuk mengaktifkan fitur. Jika Anda memilih untuk mengaktifkan fitur kunci sidik jari, Anda masih bisa membalas pesan dari notifikasi dan menjawab panggilan WhatsApp, karena otentikasi hanya diperlukan ketika membuka WhatsApp.

Dalam fitur Fingerprint lock, WhatsApp juga menyediakan opsi waktu, setiap berapa menit aplikasi akan terkunci ketika tidak digunakan. Namun, sayangnya, di fitur itu hanya tersedia opsi "segera", kemudian "setelah 1 menit", dan "setelah 30 menit". Tiga opsi yang terlalu cepat dan terlalu lama.

Perbaikan fitur terbaru nanti juga menyediakan opsi yang disebut "Tampilkan konten dalam notifikasi", sehingga Anda bisa memutuskan apakah ingin menampilkan pesan dan pengirim dalam notifikasi di layar atau tidak, ketika fitur Fingerprint lock diaktifkan.[mr/tar]
 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...