26 May 2018

Pendiri Wikipedia Kritik Facebook dalam Atasi Isu Hoax

Konfrontasi - Dalam beberapa waktu belakangan ini, isu dan informasi ‘Hoax’ telah menyebar dengan sangat cepat. Penyebaran berita hoax seperti ini telah dialami oleh beberapa Negara, termasuk Indonesia. Beberapa orang beranggapan bahwa Facebook tidak total dalam memberantas berita Hoax yang disinyalir sering beredar lewat media sosial besutan Mark Zuckerberg itu.

Belum lama ini pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, turut berkomentar mengenai penyebaran berita Hoax ini. Ia hadir dalam sebuah obrolan yang membahas tentang media sosial yang sering kali menjadi ruang gema yang di mana pandangan dan artikel yang pengguna baca hanya untuk menegaskan keyakinan mereka sendiri.

Dilansir dari CNBC, Jumat (16/6/2017), Wales mengatakan bahwa perusahaan media sosial seharusnya dapat berbuat lebih banyak untuk membantu memecahkan ruang gema dengan memberi fitur pada artikel untuk menentang pandangan yang berisi berita palsu atau hoax.

Perusahaan internet seperti Facebook dan Google telah ‘dibanting’ karena mengizinkan "berita palsu" di platform mereka dan tidak mengatasinya dengan cukup cepat. Kedua perusahaan telah memperkenalkan langkah-langkah untuk memperbaiki seperti fitur "pemeriksaan fakta" di Google penelusuran, sementara Facebook merilis sebuah pos tentang bagaimana menemukan artikel palsu.

Namun seperti diketahui, fitur-fitur tersebut tidak bekerja secara maksimal untuk menyaring berita-berita palsu yang hingga saat ini masih banyak beredar.

Wales baru-baru ini meluncurkan usaha baru bernama Wikitribune, sebuah situs berita yang akan fokus pada "jurnalisme berbasis bukti". Wikitribune meminta sumbangan untuk membayar 10 wartawan dan Wales saat ini sedang mempekerjakan timnya.

Wales mengatakan, mulai Mei 2017 Facebook telah menanggapi isu berita palsu tersebut dengan serius dan mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Maka jika pengguna merasa diberi informasi yang salah, maka mereka bisa berpaling dari media sosial tersebut. (oke/mg)

Category: 
Loading...