18 January 2018

Pemerintah Kota Padang Luncurkan Aplikasi Panduan Wisata Jelang Mudik Lebaran

Konfrontasi - Pemerintah Kota Padang menyediakan aplikasi petunjuk Kota Padang atau Padang City Guide. Aplikasi ini untuk memudahkan pemudik dalam menyambut libur Lebaran 2017.

"Saat Lebaran, Kota Padang menjadi salah satu pilihan utama bagi perantau dan wisatawan. Para wisatawan pasti sangat membutuhkan aplikasi ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, Minggu 18 Juni 2017.

Aplikasi bernama Padang City Guide tersebut bisa diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Halaman utamannya menampilkan pelbagai menu, seperti informasi lengkap wisata alam, wisata bahari dan pulau, kulinter khas Padang, oleh-oleh Padang, wisata budaya dan sejarah, serta wisata buatan. 

Pada halaman utama juga terdapat  fitur yang berisi daftar even sejumlah tahun, di antaranya perayaan tahun baru Imlek, Festival Nurbaya dan Tour de Singkarak. Di halaman itu juga terdapat profil kota yang berisikan sejarah Kota Padang, pemerintaha dan budaya.

Di sudut kiri halaman utama juga terdapat directory  berisikan informasi lengkap lokasi dan alamat, seperti Anjungan Tunai Mandiri, bandara, bank, dokter, lokasi hiburan, hotel, ampus, kantor pemerintaha, kesehatan dan kecantikan, kuliner, otomotif, perkantoran, perpustakaan, polisi, rental mobil, rumah sakit, SPBU, sarana olahraga, sekolah, tempat ibadah, terminal, toko hewan, tour dan travel, serta wisata dan rekreasi. 

"Aplikasi ini tidak hanya sekedar informasi data, tapi juga berbasis GIS atau Geographic Information System," ujarnya.

Menurut Medi aplikasi itu terus dikembangkan dengan meng-update ribuan informasi terbaru. Tujuannya agar kebutuhan wisatawan yang semakin komplek bisa terpenuhi dengan aplikasi yang dimiliki langsung Pemerintah Kota Padang tersebut. 

Dinas Perhubungan Sumatera Barat memprediksi puncak arus mudik Lebaran akan dimulai pada Kamis malam, 22 Juni 2017. Sebab, pemerintah memutuskan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri bagi pegawai negeri sipil dipercepatan pada 23 Juni 2017. 

"Karena cuti dipercepat, puncak mudik sudah dimulai sejak Kamis malam itu," ujar Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat Amran. (tmp/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...