Ketahui Tanda-tanda Anda Diblokir di WhatsApp

Konfrontasi - Pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp diberi kewenangan untuk bisa memblokir teman-temannya. Namun, bagaimana cara untuk mengetahui jika Anda yang menjadi orang yang diblokir tersebut. Ada trik khusus untuk memastikan jika kontak Anda telah diblokir salah satu teman di WhatsApp.

Meskipun platform milik Facebook itu tidak akan memberitahu Anda secara langsung, tetapi terdapat sejumlah petunjuk penting untuk bisa memastikan bahwa Anda benar-benar diblokir dari kontak WhatsApp seseorang.

Petunjuk pertama adalah Anda tidak bisa melihat status online ataupun indicator last scene. Keduanya bisa dilihat di bawah nama kontak dengan membuka jendela chat Anda.

Selain itu petunjuk lainnya adalah foto profil orang yang diduga memblokir kontak Anda tidak akan bisa melihat perubahan apapun. Jika memiliki teman yang sama dengan orang yang bersangkutan, Anda bisa membandingkan apakah ada perbedaan dari profile picture-nya.

Pesan yang dikirim pada orang tersebut akan ditandai sebagai sent. Namun sebenarnya pesan-pesan itu tidak pernah terkirim atau delivered kepada kontak yang dimaksud.

Sedangkan, untuk layanan telepon, pengguna yang diblokir tidak akan bisa menggunakannya. WhatsApp enggan memberitahu jika seseorang diblokir. Mereka seakan sengaja menjadikan hal tersebut ambigu dengan alasan melindungi privasi pengguna.

"Kami sengaja membuat ini ambigu untuk melindungi privasi Anda saat diblokir seseorang. Jadi kami tidak akan memberitahu Anda diblokir oleh orang lain," ungkap WhatsApp dilansir laman Mirror, Minggu, 19 Januari 2020.

Bukan itu saja. WhatsApp rencananya akan menghadirkan fitur hapus pesan otomatis (delete message). Aplikasi ini sebelumnya sudah memiliki fitur hapus pesan, tapi kemudian ada rumor yang mengatakan bahwa WhatsApp akan menghapus pesan pengguna secara otomatis untuk meningkatkan privasi.

Berdasarkan bukti dari WhatsApp beta, pesan yang dikirim pengguna akan terhapus secara otomatis dalam periode yang telah ditetapkan, satu jam, sehari, seminggu, sebulan bahkan setahun.

Selanjutnya, WhatsApp akan menerapkan kebijakan untuk tidak akan lagi mendukung perangkat lawas atau jadul yang menggunakan sistem operasi (OS) Windows. Kemudian, pada 1 Februari, Android 2.3.7 atau Gingerbread juga tidak lagi dapat menggunakan aplikasi.

Sedangkan, untuk sistem operasi Apple, perangkat dengan iOS 8 juga tidak lagi dapat menggunakannya. Artinya, bagi kamu yang memiliki iPhone 4 ke bawah dan perangkat Android sebelum 2011, tidak lagi dapat instal WhatsApp di App Store maupun Play Store. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA