30 January 2020

Enkripsi GMail, Google Gandeng Microsoft

Konfrontasi - Di tengah banyak penyedia email seperti Outlook, AOL, atau Yahoo, Google masih mendapat celah di antaranya. Selain mudah digunakan dan populer di perangkat Google, Gmail juga aman.

Google baru saja mengumumkan bahwa perusahaannya menambah tingkat keamanan Gmail. Dengan banyaknya pembicaraan mengenai enkripsi, Google berniat memberikan layanan email dengan enkripsi TLS. Google bekerjasama dengan Microsoft untuk enkripsi email.

"Untuk membantu memastikan TLS enkripsi bekerja sebagaimana diinginkan, kami telah bekerja sama dengan berbagai mitra industri, termasuk Comcast, Microsoft, dan Yahoo - untuk mengirimkan spesifikasi IETF draft 'SMTP Strict Transport Security'. Dengan standar baru yang diusulkan ini, perusahaan dapat memastikan surat elektronik itu akan disampaikan melalui saluran terenkripsi, dan setiap kegagalan enkripsi harus dilaporkan untuk analisis lebih lanjut, sehingga membantu menyoroti pada setiap penyimpangan yang terjadi di Internet," tutur Nicolas Lidzborski, Pemimpin Teknik Keamanan Gmail dan Jonathan Pevarnek dilansir dari BetaNews, Jumat (25/3/2016).

Fitur baru lain yang berguna adalah peringatan ditingkatkan untuk pengguna Gmail yang ditarget oleh hacker yang disponsori negara. Google mengatakan jumlah kasus tersebut sangat kecil, kurang dari 0,1 persen. Untuk kasus-kasus yang jarang terjadi, maka akan muncul pesan peringatan. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...