Rebut Tahta Golkar, Ical Diminta Bersaing Secara Sehat

KONFRONTASI-Politikus muda Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita mengingatkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical untuk bersaing secara sehat apabila ingin maju lagi sebagai calon ketua umum dalam Munas IX Golkar awal 2015.

"Beliau (Ical) berhak maju lagi. Tapi jika benar beliau akan maju lagi, saya ingin mengatakan agar berkompetisi secara sehat dan baik," ujar Agus saat mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum Partai Golkar di posko pemenangan Agus Gumiwang Kartasasmita di Jalan Gunawarman Nomor 49, Jakarta, Senin.

Agus mengatakan ada etika yang harus dipegang seluruh kader termasuk para calon ketua umum dalam menjalani proses memasuki Munas IX Golkar.

Anak kandung politikus senior Golkar Ginandjar Kartasasmita itu meminta Ical tidak lagi melakukan intimidasi atau ancaman, layaknya upaya pemecatan yang telah dilakukan terhadap dirinya semasa Pilpres lalu.

"Jangan ada intimidasi atau ancaman-ancaman. Biarkan Agus Gumiwang menjadi orang terakhir yang dipecat. Saya sampai saat ini masih melawan pemecatan itu melalui pengadilan, tetapi jangan sampai ada kader daerah yang dipecat nanti karena mendukung saya," tegas dia.

Lebih jauh Agus secara pribadi memandang pada dasarnya tidak ada justifikasi atau pembenaran yang kuat untuk memilih kembali Ical sebagai ketua umum. Sebab rezim Ical terbukti gagal dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden.

"Seakan-akan hebat sekali Golkar di urutan dua pada pemilu legislatif lalu. Jangan lupa target kita 30 persen suara dalam pemilu legislatif tapi faktanya hanya memperoleh 14 persen, sedangkan jumlah kursi (parlemen) dari sebelumnya 106 kursi tersisa 91 kursi," jelas dia.

Sebelumnya Agus Gumiwang beserta calon ketua umum Golkar lainnya seperti Agung Laksono, MS Hidayat, Priyo Budi Santoso, Airlangga Hartarto, Hajriyanto Tohari, dan Zainuddin Amali juga telah bertemu untuk menyatakan kesamaan pandangannya bahwa diperlukan perubahan melalui regenerasi dalam kepemimpinan di tubuh Golkar.

Sedangkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie diyakini masih akan maju dalam bursa ketua umum mendatang.[mr/cptr]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA