TIM SAR Evakuasi Korban Tenggelam Sungai Serayu

Konfrontasi - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan mengevakuasi jenazah seorang pencari ikan yang tenggelam di Sungai Serayu, Desa Joho, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Korban diketahui bernama Atmo Winoto (60), warga Desa Joho RT01/RW03, Kecamatan Bawang," kata Kepala Seksi Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo di Banjarnegara, Minggu (27/6) malam kemarin.

Ia menjelaskan peristiwa nahas itu terjadi saat korban sedang mencari ikan di aliran Sungai Serayu yang berada di wilayah Joho Tlewang RT03/RW03 dengan menggunakan perahu "gethek" yang terbuat dari bambu.

Berdasarkan keterangan saksi mata yang juga sedang mencari ikan, Nur Raspan (50) dan Pono (50), warga Desa Joho RT02/RW01, korban diketahui menjala ikan sejak Minggu (28/6) pagi.

Korban pada pukul 13.30 WIB diketahui terjun ke Sungai Serayu dan menyelam guna menarik jalanya yang tersangkut di dasar sungai. Akan tetapi, setelah lebih dari dua jam menyelam, korban tidak terlihat kembali ke permukaan sungai. Oleh karena itu, kejadian tersebut segera dilaporkan ke BPBD Banjarnegara.

Andri mengatakan bahwa Tim Rescue BPBD Banjarnegara yang menerima laporan kejadian tersebut segera menuju lokasi kejadian bersama Tim SAR Banjarnegara.

"Kami melakukan pencarian korban dengan dibantu warga setempat. Setelah melakukan pencarian sekitar 1,5 jam dengan alat selam, kami akhirnya dapat menemukan jenazah korban," katanya.

Setelah dievakuasi pada pukul 17.10 WIB, kata dia, jenazah korban diperiksa lebih dulu oleh tim medis sebelum diserahkan kepada keluarga. (mg/ant)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA