10 April 2020

Inspirasi.co Ajang Pemuda Berkarya di Sosial Media

KONFRONTASI-Sosial media (sosmed) asli buatan Indonesia, inspirasi.co menjadi ajang bagi pemuda Indonesia yang gemar berbagi karya dan saling menginspirasi, sehingga sosmed ini siap bersaing dengan platform media sosial lainnya yang telah lebih dahulu digandrungi di Indonesia seperti Facebook, Twitter, dan lainnya.

Fahd Pahdepie, CEO inspirasi.co, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, mengatakan, sosmed yang dipimpinnya adalah sebuah website yang memberikan ruang kepada para kreator lintas bidang untuk berkarya dan saling menginspirasi.

"Di sini, Anda bisa mengunggah karya tulis, desain, foto, video dan audio. Setiap orang yang berkontribusi di website ini harus terdaftar sebagai anggota (member), kami menyebut mereka Inspirator. Seluruh konten yang ada di website ini diposting dan dikelola langsung oleh para Inspirator," katanya.

Menurut Fahd, konsep yang sama sebetulnya juga dikembangkan oleh media sosial semi-blog yang telah lebih dulu ada seperti Tumblr. Namun, pada saat bersamaan, inspirasi.co juga menawarkan lingkungan berkarya yang lebih nyaman di mana setiap karya yang diunggah ke website tersebut bisa mendapatkan apresiasi yang layak, baik dari komunitas pecinta karya itu dalam bentuk ‘like’ dan honorarium yang bisa diberikan inspirasi.co jika jumlah ‘view’ karya tersebut mencapai jumlah tertentu.

Sementara itu, Anick HT, Chief Editor inspirasi.co menekankan dua kata kunci yang menggambarkan spirit utama jejaring sosial ini ‘karya’ dan ‘inspirasi’.

Melalui website ini, bahwa setiap orang adalah kreator yang bisa menghasilkan karya yang bermanfaat dan menginspirasi orang lain. "Dengan adanya website ini, kami berharap budaya berkarya akan semakin terbangun dan terbentuk di kalangan anak-anak muda Indonesia, sehingga akan muncul kreator-kreator baru yang bukan giat menghasilkan karya kreatifnya, tetapi juga siap berkolaborasi satu sama lain," ujarnya.

Meski baru di-launching, inspirasi.co sudah mendapatkan ratusan member hanya dalam waktu beberapa hari ketika versi betanya diuji coba. Tampaknya, secara konsep, website ini berhasil memenuhi kebutuhan para pecinta karya di Indonesia yang merindukan ruang kondusif untuk berkarya dan berbagi inspirasi.

Saat ini, sosmed itu sedang mempersiapkan aplikasi iOS dan Androidnya. Ditemui dalam kesempatan yang sama, Faridho dan Muhammad Azwar, duo head programmer yang membesut website ini mengatakan, "Meski website ini telah dirancang responsive untuk diakses di device mobile, kami tetap akan menyiapkan aplikasi native-nya agar user lebih nyaman berkarya".

Kehadiran inspirasi.co adalah angin segar bagi dunia website dan media sosial di Indonesia. Website ini bertekad mengajak pemakai media sosial di Indonesia untuk lebih ‘berkarya’ dan ‘menginspirasi’, alih-alih menggunakan media sosial hanya untuk kepentingan pribadi belaka.

Di samping itu, kehadiran inspirasi.co pun menambah daftar membanggakan media sosial asli buatan Indonesia.(WS/ant)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...