25 February 2020

INDUK Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW di London

Konfrontasi - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati oleh organisasi INDUK (Indonesian Networking Development United Kingdom) yang anggotanya terdiri dari para domestik worker yang bekerja di Inggris di Gedung pertemuan KBRI London, Minggu malam (20/12).

Peringatan Maulid Nabi juga dihadiri Duta Besar RI di London T.M. Hamzah Thayeb beserta Ibu Lastry Thayeb dan Minister Counsellor KBRI London Eka A. Suripto dan staf KBRI serta masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya, demikian Ketua Induk Tuti Musbeth seperti diberitakan Antara London, Senin (21/12).

Dikatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggaran perkumpulan INDUK di London diisi dengan Tausiyah Maulid oleh Ustadz Najamudin, MA dengan tema "Meneladani Kepribadian Rasulullah" di awali dengan pembacaan barzanji dan penampilan rebana oleh anggota INDUK.

Dalam tausiah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang juga dihadiri kelompok pengajian KBRI, Alhidayah, Al ikhlas, dan Annisa, Ustadz Najamudin menyampaikan tentang keteladanan dan kepribadian yang patut diteladanan oleh masyarakat Indonesia di London.

Sementara itu Dubes Hamzah Thayeb mengapresiasi kegiatan INDUK yang berupaya menjembatani masyarakat dengan KBRI dan berharap semoga bisa didokumentasikan dan di-'sharing' dengan pekerja Indonesia yang ada di negara lain.

Dubes senang melihat perkembangan yang sangat pesat dan aktifnya anggota INDUK dalam berbagai kegiatan dan diharapkanya anggota tetap semangat dan semakin maju serta memberikan informasi kepada teman teman 'domestic workers' di negara lain sehingga mengetahui bahwa 'domestic workers' yang ada di Inggris aktif dalam berbagai kegiatan.

Menurut Tuti Musbeth, INDUK yang dibentuk tahun 2010 awalnya wadah bagi pekerja 'domestik worker' yang ada di London untuk mengikuti kursus bahasa Inggris saat ini beranggotakan sekitar seratus orang yang bekerja dalam berbagai bidang seperti menjaga orang tua, menjadi pengasuh bayi serta pembantu rumah tangga.

Sementara itu Siti Wahidah yang menjadi pembina INDUK mengatakan selain mengadakan pertemuan bulanan yang difasilitasi KBRI London, anggota juga mengikuti berbagai kegiatan seperti latihan menari.

Anggota INDUK sering diminta pentas dalam berbagai acara seperti bazar Indonesia yang diadakan di berbagai kota di Inggris, latihan qosidahan atau rebana yang sudah berlangsung kurang lebih tiga tahun, ikut jualan makanan dalam acara 17 Agustus setiap tahun di Wisma Nusantara dan dalam acara lainnya seperti di acara Asian Festival yang hadiri wakil presiden Jusuf Kalla.

Dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW anggota INDUK membawa makanan untuk disantap bersama diantaranya nasi tumpeng dan berbagai macam makanan Indonesia seperti Rendang, ikan balado balado telur, ayam lengkuas, nasi kuning sambal goreng ati, ikan pepes, tempe oseng, tempe mendoan, bakwan, putu ayu, es cendol dan hidangan lainnya, demikian Tuti Musbeth. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...