43 Orang Tenggelam di Pantai Sukabumi Selama Libur Lebaran

KONFRONTASI-Badan Penyelamat Wisata Tirta Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat selama musim libur lebaran tahun ini sebanyak 43 wisatawan tenggelam di objek wisata laut.

"Dari puluhan kasus tenggelam itu tiga orang meninggal dunia, satu wisatawan jasadnya belum ditemukan dan puluhan lainnya berhasil diselamatkan petugas penjaga pantai," kata Sekretaris Balawista Kabupaten Sukabumi, Yanyan Nuryanto, Senin (27/7/2015).

Menurut dia, ketiga wisatawan yang meninggal dunia itu saat berwisata di objek wisata laut di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, sementara Acep (19) warga Bogor yang jasadnya belum ditemukan dan masih dalam pencarian tim SAR gabungan, hilang tenggelam di Pantai Kebonkalapa, Desa/Kecamatan Cisolok.



Namun, jika dibandingkan tahun lalu jumlah kasus kecelakaan laut khususnya wisatawan tenggelam jumlah kasusnya menurun, tapi jika dibandingkan jumlah korban jiwa pada tahun ini ada peningkatan. Karena pada 2014 lalu saat libur lebaran tidak ada wisatawan yang meninggal dunia akibat tenggelam.

"Seharusnya kasus kecelakaan laut bisa dicegah melalui koordinasi antar petugas di lapangan, namun sayangnya hingga kini kami harus akui koordinasi masih kurang terjalin dengan baik," kata dia. [mr/bns]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA