26 June 2018

Tali Air Tersumbat Proyek MRT dan LRT, Jalanan Banjir, Sebut Anies

KONFRONTASI -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut genangan air yang terjadi di beberapa ruas jalan ibukota akibat tersumbatnya tali-tali air.

Sehingga saat hujan lebat pada Senin (11/12/2017) kemarin, di beberapa Jalan diantaranya Jalan Gatot Subroto dan Jalan Rasuna Said terendam dengan ketinggian air yang bervariasi.

Anies mengungkapkan, tersumbatnya tali-tali air di jalan tersebut merupakan imbas dari pembangunan beberapa infrastruktur jalan diantaranya akibat pembangunan infrastruktur MRT.

“Saya sudah komunikasi, dicek langsung bahkan kita lihat ke lapangan masalahnya adalah karena sebagian dari tali air terhambat oleh proyek yan sedang bejalan, baik MRT, LRT maupun proyek yang lain,” katanya di Balaikota DKI, Selasa (12/12/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku sebelumnya sudah memperingatkan kepada pihak MRT, LRT ataupun yang lain. Anies berharap pembangunan infrastruktur tersebut tidak malah menyebabkan banjir di Jakarta. Karenanya Anies meminta agar pihak-pihak itu dapat memperhatikan saluran air di sekitar lokasi pembangunan.

“Kejadian tadi malam membuat kita akan pastikan lagi kita akan tegas bahwa jangan menyepelekan soal saluran air, proyek harus jalan tapi saluran air juga harus di perhatikan karena itu merepotkan warga jadi proyek-proyek yang berjalan saya akan instruksikan pada semuanya untuk memastikan semua tali air itu berfungsi tdk ada saluran-saluran air sama sekali yang terhambat,” tandasnya.

Terkait dengan banjir di underpass Dukuh Atas, Anies menemukan empat dari enam mesin pompa air yang tidak berfungsi. Karenanya Anies meminta kepada Dinas Sumber Daya Air untuk memaksimalkan mesin pompa dalam menghadapi musim penghujan.

“Kita itu secara total di Jakarta ada 145 rumah pompa, ada 152 pompa stasioner dan 150 pompa yang mobile atau bergerak. Nah kemaren yang tidak berfungsi itu yang di Dukuh Atas sehingga menimbulkan genangan. Nah kita akan koreksi,” ujar Anies.(Jft/PKT)

Category: 
Loading...