Idrus Marhan Sebut Putusan Menkumham Bentuk Drama Politik

Konfronmtasi - Sekretaris Jenderal Partai Golkar hasil Munas Bali, Idrus Marham menyebut putusan Menkumham atas pengesahan kepengurusan Golkar hasil Munas Jakarta merupakan bentuk drama politik.

"Kita santai saja. Ini betul-betul drama politik, di mana keputusan Menkumham justru lahir dalam pemerintahan yang merupakan buah dari reformasi," kata Idrus di sela-sela Rapat Konsultasi Nasional Partai Golkar pimpinan Aburizal Bakrie di Jakarta, Selasa (10/3) malam.

Idrus meminta Menkumham tidak merusak proses demokratisasi dan nilai-nilai kejujuran yang tengah berlangsung dalam Partai Golkar, serta tidak memanipulasi fakta-fakta yang telah menjadi putusan Mahkamah Partai Golkar.

Politisi Golkar Fadel Muhammad menyebut Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly telah memanipulasi putusan Mahkamah Partai Golkar dengan mengesahkan kepengurusan partai beringin versi Munas Jakarta.

Fadel menegaskan bahwa dalam putusan yang dibacakan Ketua Mahkamah Partai Golkar Muladi, disebutkan bahwa telah terjadi perbedaan pendapat antara empat hakim Mahkamah Partai Golkar, sehingga mahkamah tidak mencapai kesatuan pendapat soal keabsahan kedua munas.

"Mahkamah kan mengatakan tidak (mencapai kesepakatan pendapat). Kok seorang menteri memutuskan begini (mengesahkan kepengurusan hasil Munas Jakarta)," kata Fadel.

Dia membeberkan pihaknya juga akan segera melapor ke pihak berwajib atas dugaan praktik pemalsuan dokumen kepesertaan Munas yang dilakukan kubu Agung Laksono.

"Ini kita bergerak sekarang, semua perwakilan daerah sudah melaporkan ke polisi," kata dia.

Pada hari ini Menkumham mengabulkan untuk menerima kepengurusan DPP Partai Golkar hasil Munas Jakarta secara selektif di bawah kepemimpinan Agung Laksono. Menkumham meminta Agung laksono untuk segera membentuk kepengurusan Partai Golkar dengan mengakomodasi kader Golkar yang memenuhi kriteria prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela.

Menkumham menginstruksikan agar permohonan pendaftaran kepengurusan itu dituangkan dalam akta notaris dan didaftarkan ke Kemenkumham RI sesuai ketentuan.

Agung Laksono pun telah menyampaikan apresiasinya atas pengesahan Menkumham itu. Dia menyatakan akan segera melakukan konsolidasi untuk membentuk kepengurusan Golkar yang mengakomodasi kader partai beringin yang memiliki prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA