DPR RI Rapat Gabungan Persiapan Pilkada Serentak

Konfrontasi - Komisi II dan III DPR RI, Senin (6/7) menggelar rapat gabungan bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Kepala Kepolisian RI, Ketua Komisi Pemilihan Umum, Ketua Badan Pengawas Pemilu, dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi  mengenai pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015.

Rapat gabungan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI bidang Polkam, Fadli Zon dan dihadiri oleh 10 fraksi di DPR RI termasuk Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin dan Ketua Komisi II Rambe Kamarul Zaman.

"Rapat gabungan ini adalah dalam rangka untuk mengetahui tentang kesiapan pelaksanaan Pilkada. Juga memastikan soal anggaran, kendala di lapangan, regulasi," kata anggota Komisi II DPR RI  Arif Wibowo sebelum rapat gabungan.

Ia mengatakan, dari paparan masing-masing pihak akan diketahui persiapan penyelenggaraan pilkada.

"Dari rapat ini akan diketahui tentang kualitas, kesiapan baik dari penyelenggara pilkada (KPU dan Bawaslu) serta kesiapan anggaran, kesiapan pemerintah dan Kepolisian dalam melakukan pengamanan pilkada," kata Arif.

Rapat gabungan ini, tambahnya, sama sekali tidak akan membahas hasil audit BPK terhadap KPU tentang indikasi penyimpangan uang negara sebesar Rp334,21 miliar.

"Saya akan sampaikan bahwa rapat gabungan ini bukan untuk membahas audit BPK terhadap KPU," demikian Arif. (ant/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA