19 December 2018

Banjir Kembali Kepung Jakarta,Anies: Saya Bertanggungjawab!

KONFRONTASI -  Hujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta pada Senin (11/12) siang mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan Kuningan dan Jati Padang, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan langsung turun memantau ke rumah pompa Dukuh Atas dan Jati Padang.

Anies menyatakan bertanggungjawab buat menyelesaikan persoalan banjir yang masih terjadi di Jakarta.

"Saya bertanggung jawab. Jadi ketika kejadian kemarin ini tanggung jawab saya dan saya instruksikan apa yang menjadi amanat dari saya ke bawah untuk memastikan sampai di ujung paling bawah semuanya bertanggung jawab," jelasnya di Balai Kota, Selasa (12/12).

Saat ini pihaknya berada pada posisi siaga. Hujan lebat yang menimbulkan genangan dan banjir serta tanggul jebol di Jati Padang menjadi pelajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan kesiagaan.

"Dari sisi kesiapan kita sudah lakukan tapi kalau ada satu saja yang ceroboh, dua yang ceroboh muncul masalah," ujarnya.

Di seluruh wilayah Jakarta ada 150 rumah pompa. Jika satu rumah pompa bermasalah maka akan muncul masalah baru. "Kita harus bebas masalah dan itu bisa dihindari jika kita semua jalankan dengan konsisten," ucapnya.

Banjir yang terjadi pada Senin siang itu juga menurutnya karena hujan yang cukup lebat dan intensitasnya jauh di atas rata-rata. Walaupun muncul genangan di beberapa tempat, tapi menurut Anies surut relatif cepat.

Dia menyebutkan di Jakarga ada 145 rumah pompa, 152 pompa stasioner dan 150 pompa bergerak. Rumah pompa di Dukuh Atas tak berfungsi sehingga menimbulkan genangan.

"Dua yang berfungsi sehingga perlu waktu satu jam yang seharusnya tidak terjadi. Nah kita akan koreksi," ujarnya.(Jft/Merdeka)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...