17 February 2020

Anas: Golkar Jangan Tarik Orang Luar Selesaikan Konflik

KONFRONTASI - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan konflik internal yang terjadi di tubuh Partai Golkar terbilang spesial. Sebab, konflik tersebut terjadi saat partai berlambang pohon beringin tengah merintis karir sebagai oposisi atau di luar pemerintahan. 

Menurut Anas, publik mudah menduga konflik internal ini tidak semata-mata berdimensi internal. Proses dan hasil konfliknya bisa dikaitkan dengan relasi antara perintah dan posisi di mana Partai Golkar ada di dalamnya.

"Yang penting adalah kesadaran dan kecakapan untuk menyelesaikan sendiri urusan internal dengan logika, tradisi, mekanisme dan sumber daya internal partai. Itulah salah satu tanda partai yang dewasa dan terlembaga sistemnya," terang Anas dalam secarik kertas yang ditulis tangan olehnya. Kertas itu diberikan oleh pengacaranya, Handika Honggowongso kepada wartawan di Kantor KPK Jakarta, Jumat (28/11).

Mantan Ketua PB HMI ini juga sarankan agar dalam mengatasi konflik internalnya, Golkar tidak tertarik untuk mengundang pihak lain dan memakai jurus "nabok silih tangan" seperti yang biasa dilakukan oleh partai lain yang belum dewasa.

"Saya yakin partai Golkar akan bisa menyelesaikan konflik ini secara dewasa dan bermartabat dalam ukuran demokrasi," tutup Anas dalam surat yang diberi judul 'Tentang Partai Beringin' itu.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...