Aceh Terbanyak Pilkada 2017

Konfrontasi - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak gelombang kedua akan dilangsungkan pada 15 Februari 2017 diikuti oleh 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik, mengatakan daerah yang akan menyelenggarakan pilkada itu terdiri atas tujuh provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. Dikatakannya, Provinsi Aceh merupakan daerah yang paling banyak menggelar pilkada pada 2017, yakni satu pemilihan gubernur dan 20 pemilihan bupati dan wali kota.

Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah dijadwalkan menggelar Pilkada serentak gelombang kedua pada 15 Februari 2017, karena akhir masa jabatan kepala daerahnya semester kedua 2016. Demikian dikemukakan Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Mulia Banurea, baru-baru ini.

Selain itu, menurutnya, KPU Sumut juga membangun komunikasi ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara yang tahapannya mulai 2017.

“Salah satunya adalah pembahasan anggaran Pilgub yang dibebankan pada ABPD Sumut. Pilgubsu rencananya berlangsung 2018,” kata Mulia.

Nazir Salim Manik, anggota KPU Sumut, menambahkan komunikasi itu antara lain pembahasan anggaran Pilgub. Pada Pilgub 2013, KPU Sumut menerima dana Rp482,5 miliar untuk Pilkada dua putaran yang sumbernya dari APBD 2012 dan Perubahan APBD 2013. Selain menyangkut anggaran, KPU Sumut juga merancang program-program pra-tahapan yang diperkirakan mulai 2017.

“Jadi sebelum 2017 KPU Sumut sudah mempunyai program termasuk capacity building

serta catatan-catatan dari evaluasi Pilkada di Sumut maupun daerah lain,” kata Nazir.

Berkaitan Pilkada Kota Tebingtinggi dan Tapanuli Tengah, maka KPU Sumut akan mengundang masing-masing KPU kab/kota itu untuk supervisi. Mulia mengatakan pemanggilan tersebut untuk melihat kesiapan KPU kedua daerah tersebut menggelar Pilkada serentak 2017.

“Di Sumut, hanya dua daerah tersebut yang akan ikut Pilkada serentak gelombang kedua

Pada 15 Februari 2017. Kita ingin melihat kesiapan mereka yang juga sudah mengajukan anggaran ke Pemda masing-masing,” kata Mulia.

Dikatakan, KPU RI telah menetapkan 15 Februari 2017 sebagai hari pemungutan suara Pilkada serentak gelombang kedua yang secara nasional akan digelar di 101 daerah baik kabupaten maupun provinsi.

Menurut Mulia, KPU Kota Tebingtinggi sedang merancang usulan biaya Pilkada sekitar

Rp20 miliar dan Pilkada Tapteng diperkirakan menghabiskan dana Rp26 miliar. Menyinggung persiapan Pilgubsu, Mulia menjelaskan evaluasi akan melibatkan KPU 33 kab/kota di Sumut agar penyelenggaraan Pilgub benar-benar sukses dan tercapai.

“Kami nanti duduk bersama saling berbagi informasi dan kendala-kendala yang dihadapi dalam Pilkada,” katanya.(wspd/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA