Tekuk Mitra Kukar, Persib Melaju ke Final Piala Presiden

KONFRONTASI-Persib Bandung melangkah ke babak final Piala Presiden 2015 setelah mengalahkan mengalahkan Mitra Kukar 3-1 (3-1) pada semifinal leg kedua yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu.

Persib memastikan diri lolos setelah unggul agregat 3-2 atas Mitra Kukar, sekaligus melakukan revans atas kekalahan pada leg pertama 0-1 di Kutai Kartanegara pekan lalu.

Pada final, Persib akan menunggu pemenang semifinalis lainnya antara Sriwijaya FC melawan Arema Cronous yang akan digelar di Stadion Manahan Solo pada Minggu (11/10).

Disaksikan sekitar 40.000 penonton, tim Persib Bandung mengakhiri drama semifinal yang berlangsung panas dan menegangkan tersebut. Persib berhasil menjaga peluangnya untuk tetap menang dengan selisih dua gol.

Perjuangan bobotoh Bandung yang bersusah payah untuk mendapatkan tiket pertandingan terbayar lunas dengan keunggulan Maung Bandung sekaligus melangkah ke babak final Piala Presiden. Peluang untuk membuka sejarah menjadi juara Piala Presiden-pun kian terbuka bagi Firman Utina dkk.

Sukses Maung Bandung disambut suka cita di Stadion Si Jalak Harupat yang kemudian melakukan konvoi kemenangan menuju Kota Bandung.

Gol bunuh diri bek Mitra Kukar OK Jhon pada menit ke-8 membuka kemenangan Persib, namun semenit kemudian tim Naga Mekes mencetak gol mengejutkan lewat Carlos Raul menit ke-9 sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Gebrakan tuan rumah Persib tak terbendung, dua gol tak mampu dihadang tim asuhan Jafry Rastra pada pertengahan babak kedua melalui Atep menit ke-19 dan Spasojevic menit ke-26 sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Mitra Kukar merupakan tim Kaltim kedua yang harus mengakui keunggulan Persib pada fase knock out itu, sebelumnya Pusamania Borneo FC juga harus menerima kenyataan kalah dengan angka sama 3-1 juga melalui pertandingan dramatis.

Sebaliknya, pada laga lawan Mitra Kukar, kubu tim Kota Kembang yang dilatih Jajang Nurjaman sempat ketar-ketir ketika kehilangan gelandang bertahan Hariono pada menit ke-79 setelah mendapat dua kartu kuning dari wasit Handri Kristianto sehingga harus menghabiskan sepuluh menit sisa pertandingan dengan sepuluh pemain.

Pergantian pemain yang dilakukan pelatih Jajang efektif, Dedi Kusnandar dan Taufik berhasil menjaga keseimbangan permainan Maung Bandung sekaligus menghindarkan dari kebobolan di akhir babak kedua.

Meski unggul di semifinal, namun Persib Bandung harus berjibaku menghadang agresifitas Mitra Kukar yang dimotori oleh Eka Ramdani dan Rizky Pelu.

Empat pemain Persib harus menerima kartu selain Hariono yang menerima kartu merah, tiga pemain lainnya diganjar kartu kuning yakni Makan Konate, Zulham Zamrun dan Vladimir Vujovic. Dua kartu lainnya diberikan kepada Airlangga Sucipto dan Yudi Rahadian (Mitra Kukar).[mr/ant]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA