Sikap Tegas Klopp Soal Serbuan Virus Corona di Liga Primer Inggris

Konfrontasi - Pelatih Liverpool Juergen Klopp bersuara terkait ancaman virus Corona yang menghentikan kompetisi sepak bola di sejumlah negara.

Pelatih asal Jerman itu mengungkapkan bahwa sepak bola tidak lagi menjadi prioritas di tengah wabah virus Corona, dan masyarakat harus melakukan semua yang dapat dilakukan untuk mengutamakan kesehatan dan menjaga masyarakat.

Liga Primer Inggris menjadi kompetisi level elite terbaru yang mengumumkan penghentian kompetisi, ketika pandemi COVID-19 terus menutup dunia olah raga. Liga Primer Inggris ditangguhkan hingga 4 April.

Liverpool membutuhkan enam poin lagi untuk memastikan gelar liga itu, tetapi, dengan jumlah orang di seluruh dunia yang terinfeksi oleh virus coruna itu naik menjadi hampir 135.000 dan menewaskan lebih dari 4.900, Klopp menegaskan bahwa bermain sepak bola bukan sebuah pilihan.

"Pertama dan terpenting, kita semua harus melakukan apa pun yang kita bisa untuk melindungi satu sama lain. Dalam masyarakat yang saya maksud. Ini akan menjadi masalah sepanjang hidup, tetapi pada saat ini persoalan itu lebih penting daripada sebelumnya," kata Klopp dalam sebuah pernyataan di laman Liverpool, Jumat (13/3/2020), seperti dilansir Reuters.

“Saya sudah katakan sebelumnya bahwa sepak bola selalu tampak sebagai yang terpenting dari hal yang paling tidak penting. Hari ini, pertandingan sepak bola dan sepak bola benar-benar tidak penting sama sekali."

"Jika itu adalah pilihan antara sepak bola dan kebaikan masyarakat luas, (pilihannya) tidak ada pertandingan."

Sebelum pembekuan jadwal, Liga Primer Inggris mengadakan pertandingan di stadion yang kosong tanpa penonton, namun setelah Pelatih Arsenal Mikel Arteta dan pemain sayap Chelsea Callum Hudson-Odoi dinyatakan positif terkena virus Corona, mereka mengadakan pertemuan darurat pada Jumat dan memutuskan menangguhkan liga.

“Kami tidak ingin bermain di depan stadion yang kosong dan kami tidak ingin pertandingan atau kompetisi ditangguhkan. Tetapi, jika melakukannya membantu satu orang tetap sehat -hanya satu- kita melakukannya tanpa pertanyaan," tambah Klopp.

“Keputusan dan pengumuman hari ini sedang dilaksanakan dengan motif menjaga orang tetap aman. Karena itu kami mendukung sepenuhnya."

“Pesan dari tim kepada para pendukung kami hanya tentang kesehatanmu. Prioritaskan kesehatan Anda. Jangan mengambil risiko apa pun. Pikirkan tentang yang rentan dalam masyarakat kita dan bertindaklah jika mungkin dengan belas kasih untuk mereka.” (snd/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA