13 November 2019

Sarman Yakin Indonesia Mampu Jadi Tuan Rumah PD 2022

Konfrontasi - Ketua Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI) Sarman El Hakim yakin Indonesia bakal mampu menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, meskipun sebagian masyarakat masih menyangsikan hal itu.

"Saat ini ada kesempatan bagi Indonesia merebut tuan rumah Piala Dunia 2022, bahkan Menpora mengusulkan Indonesia kembali mengikuti bidding menjadi tuan rumah," kata Sarman kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/3).

Peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 tidaklah mustahil menyusul kemungkinan dibatalkannya Qatar karena terjadinya musim panas di negara kaya minyak itu, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pertandingan.

"Indonesia harus optimistis merebut kesempatan ini, meskipun masih harus bersaing dengan beberapa negara lain," kata Sarman yang akan maju dalam pencalonan ketua umum PSSI mendatang itu.

Ketua MSBI itu mengatakan sebelumnya pihaknya pada 2009 sempat mengusulkan pengajuann "bidding" menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, namun waktu itu tidak mendapat respon dan malahan dibatalkan oleh Presiden RI kala itu Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagian masyarakat pesimis Indonesia mampu menjadi tuan rumah Piala Dunia, menyusul Indonesia tidak memiliki prestasi dunia serta tidak adanya infrastruktur dan stadion megah yang ada di Indonesia.

"Kalau ukurannya prestasi, kenapa Qatar atau Afrika Selatan bisa menjadi tuan rumah?," katanya.

"Begitu juga tentang fasilitas, saat ini Indonesia sedang membangun infrastruktur, bahkan arsitek Indonesia juga mampu membangun stadion internasional, apalagi yang diragukan?," tambahnya.

MSBI akhir-akhir ini bersemangat mengkampanyekan Indonesia tuan rumah Piala Dunia ke beberapa negara seperti Malaysia dan Jepang.

Perwakilan masyarakat Jepang Hiroaki Imoto yang juga hadir pada pertemuan pers, Selasa itu, mengatakan bahwa masyarakat Jepang juga mendukung jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

"Kami ingin melihat Indonesia meningkat dalam sepak bola, maka kami mendukung itu," kata Hiroaki yang fasih berbahasa Indonesia.

Dalam sejarah FIFA juga pernah membatalkan tuan rumah Kolombia pada 1986. (akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...