Penampilan El Real Memburuk, Ancelotti Tak Berniat Ganti Taktik

Konfrontasi - Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti tidak berniat untuk mengganti taktik-taktiknya karena penampilan buruk sang juara Eropa di kancah domestik, kata pria Italia itu pada Senin (9/3).

Real akan menjamu Schalke 04 pada pertandingan kedua putaran 16 besar Liga Champions pada Selasa, dan mereka semestinya tidak memiliki masalah berarti untuk mengatasi tim Liga Jerman itu untuk kemudian melaju ke perempat final, di mana "Si Putih" mengantungi keunggulan 2-0 dari pertandingan pertama yang dimainkan pada bulan lalu di Gelsenkirchen.

Bagaimanapun, kekalahan 0-1 di markas Athletic Bilbao pada Minggu, yang terjadi setelah sebelumnya mereka ditahan imbang di kandang sendiri dengan skor 1-1 oleh Villarreal, membuat Barcelona menggeser Real untuk menduduki puncak klasemen Liga Spanyol dan alarm tanda bahaya pun berbunyi di Bernabeu.

Ancelotti, yang memimpin Real untuk meraih mahkota Eropa kesepuluhnya pada musim lalu, biasa memainkan formasi serang 4-3-3, di mana Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Gareth Bale menghuni lini depan.

Ketiga pemain tajam ini, yang di Spanyol dijuluki "BBC," telah sedikit kehilangan ketajamannya sejak pergantian tahun, yang memicu masukan-masukan bagi Real untuk mengubah formasi menjadi lebih konservatif yakni 4-4-2.

Ancelotti mengatakan pada konferensi pers menjelang pertandingan Schalke, bahwa ia tidak akan mencoret satupun dari ketiga penyerangnya atau mengganti taktik, dan sebaliknya ia menegaskan dirinya memiliki keyakinan penuh terhadap mereka.

"Kami tidak akan mengubah identitas kami, kami telah mencetak banyak gol dengan bermain seperti itu," kata Ancelotti.

"Jika mereka berada dalam kondisi fisik yang bagus maka tidak dapat dinegosiasikan bahwa mereka akan dimainkan," tambahnya.

"Mereka telah banyak memberi kepada kami dan saya memiliki kepercayaan diri penuh kepada mereka. Mereka sedang mengalami penurunan kualitas, namun itulah yang terjadi, bukan hanya dengan ketiganya." "Mereka sedikit mencetak gol belakangan ini karena tim tidak membantu para penyerang." Bale, khususnya, mendapat banyak kritik dan kesulitan untuk menepis persepsi bahwa ia lebih sering menembak ke gawang daripada mengoperkan bola ke rekan setim yang berada di posisi yang lebih baik.

Ancelotti membela pemain sayap Wales itu, meski ia menyadari bahwa Bale sedang berada dalam kesulitan.

"Saya tidak berpikir bahwa Bale gembira dengan apa yang ia lakukan. Ia memahaminya dengan baik dan akan berusaha untuk memperbaikinya." Real mendapatkan kembali dua gelandang Luka Modric dan Sami Khedira yang telah pulih dari cedera untuk pertandingan melawan Schalke, dan Ancelotti mengatakan kedua pemain itu akan dimainkan beberapa waktu pada Selasa.

Pemain lain yang dibekap cedera, bek tengah Sergio Ramos, tidak akan dimainkan sampai pertandingan Liga Spanyol Minggu melawan Levante, tambah Ancelotti.(akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA