21 November 2019

Menpora Buka Popnas XIII/2015

Konfrontasi - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan membuka Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII/2015 Jawa Barat di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Kamis (10/9).

Pekan olahraga pelajar itu dikuti oleh 5.300 atlet pelajar, pelatih dan ofisial dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Popnas XIII/2015 mempertandingkan 20 cabang olahraga yakni angkat besi, atletik, bola basket, bola voli indoor, bola voli pasir, bulutangkis, dayung, gulat, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja dan tinju serta satu cabor eksibisi yakni tarung derajat.

Prosesi pembukaan yang digelar di stadion milik Kodam III/Siliwangi itu mengusung tema Gempita Remaja Nusantara di Negeri Parahyang.

Acara pembukaan dimeriahkan aksi seni budaya 800 pelajar di kota Bandung dengan menampilkan tari-tarian harmoni seni budaya nusantara yang menyatu di Stadion Siliwangi. Sedang janji atlet dan wasit diucapkan oleh perwakilan atlet Paksi Ghifari dan wasit Hari Winoto.

Selain Menpora dan Gubernur Jawa Barat, pembukaan Popnas itu dihadiri oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi, Ketua Bapopsi Djoko Irianto.

Popnas ini diselenggarakan pada tanggal 9-18 September 2015, dan mempertandingkan 20 cabang olahraga dengan 274 nomor pertandingan. Jumlah medali yang diperebutkan adalah 274 emas, 274 perak, dan 397 perunggu.

Ajang olahraga pelajar itu diikuti 34 kontingen dari seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta 5.300 orang yang terdiri dari 4441 atlet, 538 pelatih, dan 321 ofisial.

Menpora Imam Nahrawi dalam sambutanya mengajak seluruh insan olahraga Indonesia untuk membina prestasi termasuk melalui ajang Popnas XIII/2015.

"Melalui Popnas XIII/2015 saya berharap menginspirasi insan olahraga dan umumnya masyarakat Indonesia untuk bersama-sama bangkit untuk menyongsong prestasi olahraga Indonesia di masa akan datang yang lebih baik demi harkat dan martabat Republik Indonesia," kata Menpora.

Sementara itu Gubernur Jabar Ahmad Heriyawan memberikan semangat atlet junior ini khususnya para atlet Jabar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

"Kita berharap dari Popnas kali ini hadir atlet-atlet handal, atlet-atlet yang berprestasi nasional dan mengharumkan nama bangsa dan negara," katanya Gubernur Jabar tak lupa mengucapkan selamat datang bagi kontingen dari seluruh Indonesia untuk dapat memberikan prestasi yang terbaik dalam Popnas tahun ini.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Popnas XIII/2015 Ahmad Hadadi mengatakan, even ini menjadi ajang untuk mengevaluasi hasil pembinaan dan prestasi di kalangan atlet pelajar tingkat nasional, sehingga bisa melahirkan atlet berprestasi.

Sementara itu emas pertama Popnas diprediksi hadir pada cabang atletik di nomor jarak 5.000 meter putra pada Jumat pagi (11/9) di Lapangan atletik Padjajaran. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...