Kiper Barcelona: Saya Tidak Tahu Apa-apa Tentang Sepakbola

KONFRONTASI-Sebuah pernyataan aneh telah diungkapkan oleh kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Sebagai pemain profesional, ia mengaku, tak pernah memantau perkembangan sepakbola secara keseluruhan.

Padahal, penjaga gawang berusia 27 tahun itu telah mendapatkan sejumlah kesuksesan bersama Barcelona dan Timnas Jerman. Sejauh ini, Ter Stegen sudah meraih trofi Piala Dunia, Liga Champions, dan empat gelar LaLiga.

Selain itu, Ter Stegen juga kerap disebut sebagai salah satu kiper terhebat yang ada era modern. Namun, di balik kehebatannya tersebut ternyata ia bukan sosok yang rajin memantau perkembangan sepakbola.

"Orang-orang tertawa ketika saya memberi tahu mereka bahwa saya tidak tahu apa-apa tentang sepakbola. Saya tidak terlalu sering menonton sepakbola, kecuali ada pertandingan yang bagus atau saya sangat tertarik karena ada rekan atau teman yang bermain," kata Ter Stegen, kepada El Pais.

"Di LaLiga contohnya, saya tidak tahu nama-nama pemain yang ada. Saya tidak tahu apa julukan pemain itu, tapi ketika mereka menunjukkan video, maka saya baru bisa menyadari bahwa saya kenal secara persis," ujarnya.

Meski tak begitu hafal dengan nama-nama pemain yang ada, tapi Ter Stegen selalu tahu bagaimana pemain itu bergerak. Sebab, menjelang pertandingan, Ter Stegen lebh sering mengingat pergerakan pemain itu ketimbang namanya.

"Saya lebih sering mengingat bagaimana mereka bergerak di lapangan, bagaimana mereka menendang atau mencuat dalam pertandingan. Memang, agak aneh, tapi itu yang terjadi ketika saya menganalisis lawan," ucap Ter Stegen. (mr/viva)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA