19 February 2020

Jelang El Clasico, Barcelona Ajukan Protes ke RFEF soal Wasi

KONFRONTASI -   Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengirim surat protes ke Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menjelang laga akbar Liga Spanyol antara Barcelona vs Real Madrid yang dikenal dengan sebutan El Clasico. Surat tersebut berisi protes soal kinerja wasit Gil Manzano dalam pertandingan Real Sociedad vs Barcelona yang berakhir imbang 2-2. Selain mempertanyakan soal keberadaan video alat bantu wasit (VAR), Bartomeu juga tak ingin ada kejadian yang merugikan Barca dalam El Clasico pada Rabu (18/12/2019) atau Kamis dini hari WIB nanti. Pasalnya, dalam keputusan wasit Gil Manzano, dua di antaranya merugikan tim asal Catalan tersebut.

Pertama, hadiah penalti yang diberikan oleh wasit untuk Real Sociedad pada menit ke-12 dan membuat tuan rumah lebih dulu memimpin 1-0. Hadiah penalti itu didapat setelah wasit menganggap Sergio Busquets melanggar bek Real Sociedad, Diego Llorente, di dalam kotak penalti Barcelona. Kedua, pergerakan Gerard Pique ditahan oleh Diego Lllorente di kotak penalti Real Sociedad pada menit ke-92. Tetapi, wasit tidak merespons insiden tersebut menjadi pelanggaran. "Sebagai pelatih, Anda melihat hal-hal yang menguntungkan Anda," kata pelatih Barcelona, Ernesto Valverde dikutip Marca.

Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan penalti (Real Sociedad). Itu tampak seperti handball," tambah dia. "Dengan Gerard Pique, saya harus menontonnya lagi. Saya tidak tahu apakah ofisial (wasit) keempat memeriksanya," tanya Valverde.

"Ini semakin memicu perasaan intensitas terhadap wasit menjelang El Clasico pada hari Rabu," yakin Valverde. Sementara itu kubu Real Madrid juga mengeluh soal wasit jelang laga El Clasico. Bedanya, tim berjulukan Los Blancos mengeluh dengan penunjukan wasit Alejandro Jose Hernandez Hernandez.

Barcelona Siap Tampung Pasalnya, pria berumur 37 tahun itu punya sederet 'dosa' kepada Los Blancos dalam beberapa pertandingan. Ia pernah menganulir gol Gareth Bale, tak memberikan penalti kepada Cristiano Ronaldo, dan mengganjar Sergio Ramos dengan kartu merah. Terlepas dari soal wasit tersebut, Barcelona masih memimpin Liga Spanyol dengan koleksi 35 poin. Lionel Messi cs unggul satu angka atas Real Madrid yang baru akan bermain. Jika sukses mengalahkan Valencia dini hari nanti, Real Madrid akan mengambil alih posisi Barcelona. Hal ini tentunya tidak baik bagi Barcelona karena pada Rabu (18/12/2019) akan melawan Real Madrid pada laga tunda Liga Spanyol.

(jft/KOMPAS)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...