15 October 2018

Rizal Ramli Merasa Malu, Sedih dan Prihatin atas Program Mobil Esemka

KONFRONTASI-  Teknokrat senior Rizal Ramli (RR) sedih, prihatin, malu dan resah-gelisah dengan program mobil nasional Esemka. Pasalnya, tiba-tiba ada yang menerobos dengan mobil VinFast nya. ''Saya sedih dan prihatin,'' kata Menko Ekuin Presiden Gus Dur itu.

""Saya malu hati, dulu saya ikut membangga-bangga-kan Mobil Esemka dengan Mas Jokowi di acara dialog Metro TV tahun 2012, yang dimoderatori oleh Mas Tommy (Suryopratomo). Sangat bisa sebetulnya Indonesia membuat mobil nasional karena Minimum Economic of Scale hanya 400.000 units, sementara pasar dalam negeri 1,7 juta units. Namun Vietnam tiba-tiba menerobos dengan mobil VinFast nya. Saya sedih dan prihatin,'' ujar RR, mantan Demonstran ITB yang mengusungTrisakti dan  Ekonomi Konstitusi pasal 33 UUD45 itu.

'' Vietnam  tiba-tiba menerobos dengan mobil VinFast nya. Saya sedih dan prihatin,'' kata Mantan Menko Kemaritiman itu.

Kehadiran Vietnam dalam industri otomotif dunia seakan menampar muka Indonesia. Sebab, Indonesia yang sejak tahun 2012 mendapat angin segar kehadiran mobil nasional, Esemka, tak kunjung menjadi kenyataan.
 
Belum lama ini, Vietnam meluncurkan mobil nasionalnya dalam acara Paris Motor Show 2018. Ada dua mobil yang diluncurkan, yaitu jenis sedan dan SUV.
 
Ekonom senior DR Rizal Ramli mengaku malu hati dengan peluncuran itu. Sebab, dia merupakan bagian dari orang yang membanggakan kehadiran mobil nasional.
(ff)
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...