Rizal Ramli: Ketakutan dengan Bayangan Sendiri, karena Kurang Tulus dan Penuh Trickiness di Masa Lalu.

KONFRONTASI- ''Sering kita ketakutan dengan bayangan kita sendiri, karena kurang tulus dan penuh trickiness di masa lalu. Jika kita tulus, niat baik, berbuat sebaik mungkin, tidak perlu takut kepada bayangan sendiri. Kita hanya boleh takut kepada yang Tuhan Maha Kuasa,'' kata tokoh bangsa  Dr Rizal Ramli  (RR) terkait langkah dan kebijakan pemerintah menghadapi kriris ekonomi, pandemi Corona/Covid-19 dan rencana darurat sipil oleh pemerintah pusat..

Pandangan RR itu terkait dengan situasi kelam belakangan ini, dimana ada kegelisahan, kesusahan dan kegamangan masyarakat menghadapi pandemi Corona dan kesulitan ekonomi, sedangkan pemerintah Jokowi  terkesan bimbang, kurang fokus dan mengalami konflik  interes di kalangan elite politik dan bisnis. 

''Tidak perlu Gengsi, Mas Jokowi pakailah Uang Ibukota Baru untuk bantu Pekerja Harian dan rakyat yang kesusahan,'' kata RR, Menko Ekuin era Presiden Gus Dur terkait kebutuhan pokok rakyat yang kesusahan di tengah wabah Corona

Lebih lanjut, Ekonom senior, DR Rizal Ramli menyebutkan pemerintah punya cadangan fiskal yang cukup untuk membiayai kehidupan masyarakat selama lockdown. RR, begitu akronim Rizal Ramli, menyebutkan, salah satu sektor yang paling terdampak jika lockdown diterapkan adalah pekerja harian. Dia menyebutkan juga ada dua pintu keuangan yang bisa dipakai pemerintah untuk membantu pekerja harian yang terpaksa dirumahkan. "Pemerintahan Jokowi sebetulnya punya cukup uang. Asal menghentikan seluruh proyek-proyek infrastruktur senilai Rp 430 triliun, jangan gengsi termasuk ibukota baru," kata RR di akun Facebooknya, Minggu (29/3). "Dan uang SAL dan SIlpa senilai Rp 270 triliun untuk membantu pekerja harian dan rakyat miskin. ActNow!" katanya menegaskan.

 RR berpesan bahwa di tengah wabah, maka pengorbanan yang sesungguhnya adalah dari Presiden Jokowi sebagai contoh bagi rakyat Indonesia. "Hentikan dulu semua proyek infrastrukur termasuk proyek mercusuar ibukota baru. Mas Jokowi jangan gengsi, nyawa manusia lebih penting dari proyek. Gunakan uangnya untuk pekerja harian dan rakyat," pungkasnya


A

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA