29 February 2020

Rizal Ramli: Boediono Bikin Negara/Rakyat Bayar Bunga skandal BLBI 30 Tahun, total Rp1800 Trilyun

KONFRONTASI- Tokoh nasional Rizal Ramli menegaskan bahwa Presiden AS Richard Nixon dalam kasus skandal Watergate, telah dimakzulkan (di-impeach) padahal yang melakukan kejahatan bukan dia.

Tapi, kata Mantan Menko Kemaritiman itu, yang dia lakukan adalah menutupi kejahatannya sehingga tidak bisa diperiksa.

‘’Sebagai hasilnya, Nixon dimakzulkan (di-impeach) pertama kali dalam sejarah presiden Amerika,’’ kata mantan Menko Ekuin itu di acara ILC TV One Selasa kemarin.

‘’ Di Amerika juga banyak kasus seperti ini,  kasus Bernie Madoff yang canggih, sophisticated. Madoff menilep dana tabungan orang-orang tua, dia tilep dan nyaris lolos karena canggih serta banyak network. Tapi akhirnya dia  dipenjara sangat lama sekali,’’ kata RR.

Madoff  dihukum lebih dari 150 tahun, seumur hidup sampai mati. Pengelola dana AS Bernard Madoff dihukum penjara 150 tahun atas dakwaan penipuan yang merugikan investor $65 miliar.Kasus penipuan investasi terbesar dalam sejarah Amerika ini disidangkan di pengadilan New York. Hakim menyatakan, hukuman penjara - yang merupakan hukuman terberat yang bisa dijatuhkan - penting bagi korban dan sebagai sarana pencegahan (deterrent) bagi orang lain. Para korban penipuan Maddof bertepuk tangan ketika vonis dibacakan.

  Hasil gambar untuk boedionoBernard Madoff, skandal, scandal

Boediono dan Madoff

Dalam konteks semacam ini, Rizal Ramli melihat dalam konteks yang lebih besar Centurygate  ini jelas kasus kejahatan kerah putih (white collar crime). ‘’Nah  di indonesia kejahatan kerah putih banyak sekali tapi pelaku utamanya selalu lolos,’’ imbuhnya.

Kasus BLBI kerugiannya mencapai ribuan trilliun dan waktu Boediono menjadi menteri keuangan, obligasi BLBI itu awalnya tidak kasih bunga, non interest. Kedua, obligasi itu tidak bisa diperdagangkan.

Ternyata, kata RR,  waktu itu oleh Boediono sebagai pejabat tinggi BI, semua itu diubah,  jadi ada bunga dan obligasi, dan itu bisa diperdagangkan sehingga dibeli investor.

‘’Hasilnya pemerintah indonesia harus membayar bunga Rp 60Trilyun dalam setahun, selama 30 tahun yang totalnya menjadi Rp 1800Trilyun.’’ Imbuhnya.

‘’Ini kejahatan kerah putih yang canggih dan luar biasa, harus ada pihak yang tanggung jawab karena rakyat  yang membayarnya. Akibatnya, subsidi untuk rakyat  dipotong, harga-harga sembako naik, harga kebutuhan pokok jadi mahal atau dimahalin karena negara tak punya uang,’’ imbuh RR.

(ff)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...