26 September 2018

Rizal Ramli: Aceh Dikasih Uang Banyak, Kok Nggak Jadi Apa-apa?

KONFRONTASI - Mantan menteri koordinator bidang kemaritiman RI, DR Rizal Ramli mengaku prihatin dengan kondisi Aceh saat ini. Kenapa?

"Orang Aceh yang berani dibantu dan otsus gede, kok ngak jadi apa apa," katanya saat menjadi keynote specker pada acara kuliah umum refleksi 10th dana otsus di Kampus Unmuha, Banda Aceh, Senin (16/4/2018).

 

Rizal Ramli mengaku Aceh merupakan daerah yang kaya baik dari segi pendapatan, rakyat yang berani melakukan inovasi dan juga pintar. Namun dirinya merasa sedih karena ekonomi Aceh pada tahun lalu hanya tumbuh 4,2 persen, dibawah rata-rata nasional 5 persen.

Selain itu, Rizal Ramli menyayangkan proses penggunaan dana Otsus terssbut selama ini tidak jalankan secara transparan dan bahkan belum tepat sasaran.

"Sayang proses penggunaannya tidak transparan dan tidak tepat sasaran," ujarnya.

Rizal meminta kepada masyarakat Aceh untuk mendesak pemerintah agar mengumumkan jumlah serta penggunaan dana Otsus melalui media massa, sampai pada penanggung jawab hingga manfaat dari proyek yang dilakukan tersebut.

"Untuk apa saja, proyek apa saja, yang tanggungjawab siapa, koordinatornya siapa, manfaatnya apa," imbuhnya.

 

Dia mengatakan bingung dengan Aceh karena tidak mampu bangkit di tengah melimpahnya uang, terutama penerimaan dana otsus.

"Saya binggung lihat dari luar. Masyarakatnya dikenal berani dan lahannya subur, dikasih uang banyak kok nggak jadi apa-apa," katanya.

Jika dilihat dari persentase kemiskinan, Aceh nomor satu termiskin di Sumatera dan ranking 5 se Indonesia.

"Nggak bisa terima saya. Karena ini daerah subur sekali. Jangan-jangan dana otsus habis di elitenya saja," katanya. (*)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...