Pemerintah Seyogianya Mendengarkan Solusi Rizal Ramli yang Serukan Resolusi Jihad Ulama untuk Pangan

KONFRONTASI-  Masih ingat Resolusi Jihad 1945 oleh KH Hasyim Asyari untk melawan kolonial? Peneliti senior Universitas Paramadina Dr Herdi Sahrasad  menghimbau agar Pemerintah Jokowi kembali mendengarkan dan menyimak koreksi dan solusi Pemimpin bangsa /Ekonom senior Rizal Ramli (RR) berkaitan dengan kemungkinan krisis pangan ke depan akibat pandemi Corona dan Perubahan Iklim.  RR,  seorang tokoh nasional, menginginkan Indonesia menjadi mangkok pangan Asia Tenggara dan Asia Selatan. ‘” Bangsa kita harus berjihad untuk kemandirian pangan. Kita butuh Resolusi Jihad untuk Kemandirian Pangan dari para ulama untuk mem-backup solusi RR soal pangan. Apa yang disampaikan RR kalau kita tengok kembali ke sejarah 1945, maka hal itu mengingatkan kita pada Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari melawan kolonial Belanda 1945, yang saat ini  Resolusi semacam itu bisa direvitalisasi agar digunakan sebagai titik pijak Resolusi Jihad untuk Pangan 2020  sehingga bangsa kita bisa mandiri pangan dan bebas dari  ancaman krisis pangan di masa depan akibat pandemi Corona dan Perubahan Iklim,’’ kata Herdi Sahrasad, yang juga dosen senior/Associate Professor di  Universitas Paramadina.

‘’ Dulu Resolusi Jihad  KH Hasyi Asyari 1945 untuk melawan kolonial, maka kini Resolusi Jihad tersebut bisa direvitalisasi secara simbolik untuk Kemandirian Pangan agar bangsa kita punya ketahanan dan kemandirian pangan. Sebagai anggota keluarga besar Pesantren Tebu Ireng Jombang dan Pondok Gontor, sebetulnya RR sedang menyerukan Resolusi Jihad untuk Pangan berdasarkan  inspirasi Resolusi Jihad Eyang KH Hasyim Asyari tersebut,’’ kata Herdi, cucu Kyai NU di Bagelen Kedu dan mantan aktivis PB-HMI era kepemimpinan Ir Herman Widyananda.

Era Presiden Gus Dur jauh lebih Baik ketimbang Prestasi era Jokowi ...

Tak hanya sekedar  mimpi, Rizal punya terobosan agar apa yang diharapkannya itu bisa terwujud. Rizal Ramli menegaskan bahwa Indonesia harusnya jadi mangkok sembako di Asia Tenggara, dan kaum petani harusnya sejahtera.

RR selalu pada posisi menjadikan petani sebagai kekuatan sosial-budaya dan ekonomi .

“Masyarakat kita ini sederhana, kalap perutnya kenyang, hatinya tentram pikirannya lurus,” ujarnya seperti dikutip dari YouTube bravos radio. Dr Rizal Ramli (RR), menginginkan Indonesia menjadi mangkok pangan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tak hanya mimpi, Rizal punya terobosan agar apa yang diharapkannya itu bisa terwujud.

Herdi SRS dan kader mahasiswa

Rizal Ramli menegaskan bahwa  Indonesia harusnya jadi mangkok sembako di Asia Tenggara, dan kaum petani harusnya sejahtera.
RR selalu pada posisi menjadikan petani sebagai kekuatan sosial-budaya dan ekonomi . 

RR bermaksud menjadikan kaum petani  lokomitif perubahan untuk persatuan Indonesia dan kemakmuran rakyat karena kaum petani adalah kekuatan produktif dan mandiri dibandingkan kaum politisi, birokrat dan aparat yang cenderung korup dan menjadi benalu bagi bangsa ini.. (berbagai sumber)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA