10 April 2020

Nama Djoko Tjandra dan Riza Chalid ada Dalam Dokumen Panama Papers

KONFRONTASI - Miliarder ternama di Indonesia juga ditemukan sebagai salah satu klien dari Mossack Fonseca. Nama-nama yang masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes Indonesia juga menambah panjang daftar penyelundup pajak sebagaimana terungkap dalam dokumen Panama Papers.

Salah satu nama yang muncul adalah  Riza Chalid dan Djoko Soegiarto Tjandra yang terseret masuk daftar dalam dokumen Mossack Fonseca. Riza Chalid pernah terlibat dugaan kasus “Papa Minta Saham”. Riza diduga menyusun permufakatan jahat tak lama setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said melaporkan dugaan pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden.

Nama Djoko Soegiarto juga Tjandra muncul. Djoko menjadi buronan kasus cessie (hak tagih) Bank Bali.

Terbongkarnya dokumen Panama Papers menyingkap tabir dugaan pengingkaran pajak terbesar dalam sejarah. Terletak di Di Nevada, firma ini mencoba melindungi diri dan kliennya dari dampak upaya hukum. Mossack membantu kliennya untuk mengelola perusahaan offshore.

Mengutip Tempo, Menteri Keuangan Indonesia Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa pemerintah sudah mengantongi data mengenai ribuan perusahaan offshore dan perusahaan cangkang milik orang Indonesia di luar negeri.Dalam Undang-Undang Pengampunan Pajak yang sedang dibahas menurut Bambang merupakan upaya pemerintah menarik pulang semua dana yang jumlahnya bisa mencapai ribuan triliun rupiah.[ian/tmp]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...