26 August 2019

Megawati Puji Buku Revolusi Pancasila Karya Yudi Latif

KONFRONTASI - Mantan Presiden RI yang juga ketua umum PDI Perjuangan, Megawati Soekaroputri, memuji buku terbaru karya cendekiawan, Yudi Latif, yang berjudul "Revolusi Pancasila”.

Buku tersebut, lanjut Mega, mengutip banyak sekali pemikiran Bung Karno yang semakin terasa relevansinya. Buku ini mampu menggugah cara pandang masyarakat terhadap Pancasila.

"Selama ini, Pancasila sering dimaknakan dalam pengertiannya sebagai dasar negara saja. Pancasila yang statis. Melalui buku ini, Pancasila hadir sebagai basis teori sosial yang bersifat dinamis-progresif," ujar Megawati dalam seminar nasional dan bedah buku "Revolusi Pancasila", di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta, Selasa (27/10).

Lebih lanjut, Megawati menjelaskan watak Revolusi Pancasila yang bersifat multikompleks. Sifat multikompleks Revolusi Pancasila itu setidaknya mengandung lima dimensi revolusi. Yakni, revolusi nasional, revolusi politik, revolusi ekonomi, revolusi sosial, dan revolusi mental-budaya. 

Lima muka revolusi itu harus berjalan secara simultan dalam rangka menjebol sisa-sisa struktur sosial lama, seraya membangun landasan untuk masyarakat baru. 

"Saya percaya, bahwa keseluruhan gagasan dalam buku ini semakin memperkuat program revolusi mental yang dicanangkan kembali oleh Presiden Joko Widodo," imbuhnya

Selain Megawati, dalam seminar dan bedah buku itu hadir pula Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, dan mantan Wakil Presiden RI, Tri Sutrisno.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...