10 April 2020

Malaysia Galau. Rizal Ramli kepada Anwar Ibrahim: Akankah PM Mahathir Komit pada Anda?

KONFRONTASI- Peta perpolitikan Malaysia berubah drastis dan kacau balau  sejak Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad (94) secara galau dan merisaukan  mengumumkan pengunduran diri dan tidak menyerahkan tongkat jabatan PM kepada Anwar Ibrahim sesua janji Mahathir sendiri . Awalnya, partai-partai dari koalisi dan oposisi berupaya mempertahankan Mahathir untuk kembali menjabat PM, namun kini mereka mengubah sikap.

Dalam kaitan ini, sebulan setelah PM Najib Razak  jatuh tahun 2018, tokoh nasional Rizal Ramli  (RR) katakan kepada Anwar Ibrahim di Jakarta bahwa,”You are too kind, you have forgiven Mahathir & Najib who jailed you for many years. You are the ‘ASEAN’s Nelson Mandela (Anda terlalu baik, Anda telah memaafkan Mahathir & Najib yang memenjarakan Anda selama bertahun-tahun. Anda adalah Nelson Mandela  dari ASEAN),” ungkap RR. ''Akankah PM Mahathir komit pada anda, Datuk Anwar?'' imbuh RR.

Image result for rizal ramli anwar

‘’Pertanyaan saya yang kedua, “Can you trust Dr. Mahathir to keep his promise ? (Bisakah Anda memercayai Dr. Mahathir untuk menepati janjinya?,’’ tanya RR,Menko Ekuin Presiden Gus Dur.

‘’ Dr. Mahathir tendered his resignation and open a new drama of Malaysian politics (Mahathir mengajukan penawaran pengunduran dirinya dan membuka drama baru tentang politik Malaysia).’’ kata RR, mantan Menko Kemaritiman.

Pandangan RR itu berkaitan dengan pernyataan publik pertama Mahathir Rabu (26/2/2020) sejak mengumumkan pengunduran diri, dimana Mahathir mengatakan bersedia dipilih kembali menjadi PM yang kedelapan. Dia mengklaim berusaha membentuk pemerintah persatuan yang merangkul semua kepentingan politik.

"Pandangan saya, apakah benar atau salah, adalah (kepentingan) politik dan partai politik harus dikesampingkan saat ini. Jika diizinkan, saya mencoba untuk membentuk pemerintahan yang tidak condong ke pihak mana pun. Hanya kepentingan nasional yang akan diprioritaskan," kata Mahathir, dikutip dari The Straits Times.

Image result for rizal ramli anwar

Beberapa saat kemudian, Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibarahim (72) mengatakan, dia mendapat dukungan dari 92 anggota parlemen Dewan Rakyat asal tiga partai pendukung Pakatan Harapan, yakni PKR, Partai Aksi Demokratik (DAP) dan Parti Amanah Negara (Amanah) untuk menjadi PM berikutnya.

Para analis di  Washington DC, SIngapura dan Kuala Lumpur mencatat, terjadi persaingan dan ketegangan baru antara  Mahathir dan Anwar, sesuatu yang disesalkan banyak pihak dan masyarakat ASEAN karena Mahathir dulu berjanji akan menyerahkan tongkat PM kepada Anwar setelah dua tahun berkuasa. Kini janji Mahathir itu ditagih bangsa-bangsa Asia Tenggara. Kalau Mahathir bohong dan bersikap palsu kepada Anwar, maka akan ambruklah kredibilitasnya di ASEAN. Menurut para analis dandiplomat Barat di ASEAN, nama baik dan image Mahathir bakal rusak  berat dan bobrok di ASEAN. ''Jika Mahathir  konsisten menyerahkan jabatan PM kepada Anwar sesuai janji kampanye pemilunya, maka nama baik Mahathir akan menjulang ke langit sebagai pemimpin besar dan  tokoh terpercaya di ASEAN,'' ungkap para analis.

(ff/berbagai sumber)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...