Krisis Jokowi: Dunia Usaha Kadin/UMKM Hancur. RI Diambang Keruntuhan. Kalau mau Bertahan dan Atasi krisis, Jokowi Sebaiknya Angkat RR jadi Perdana Menteri

KONFRONTASI-  Krisis Jokowi tidak jelas bagaimana penanganannya ke depan. Kemelut Pemerintah Jokowi-Maruf mengatasi krisis ekonomi dan krisis/dampak  Corona pandemi, telah mencemaskan rakyat dan memputus-asakan rakyat yang melihat krisis multidimensi ini membawa NKRI menjurus disintegrasi.Presiden  Jokowi diharapkan mempertimbangkan RR masuk kabinet sebagai PM guna mengatasi kegagalan Airlangga-Sri Mulyani yang gagal dan ambyar total. Jika rezim Jokowi ingin bertahan, maka sebaiknya angkat Rizal Ramli jadi  Perdana Menteri (PM atau Menteri Utama/Menteri Perdana). Agar pemulihan ekonomi bisa berjalan efektif  dan wabah Corona bisa dibasmi atau diminimalisasi.

Demikian pandangan aktivis muda Nahdlatul Ulama yang juga mantan aktivis HMI Lutfi Syarqawi dan analis Umar Hamdani MA jebolan STF Driyarkara. dan UIN Jakarta.

Berdasarkan data yang ada di tangan pengusaha Suryani Motik (Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia), jumlah UMKM sebanyak 61 juta terpuruk dihantam corona. Jika asumsi satu UMKM terdiri dari 2 orang, jumlah korban terdampak sudah mencapai 122 juta orang. Di tengah pandemi corona ini, ketahanan UMKM tidak lama. Ada yang bertahan dalam hitungan minggu atau hanya dalam hitungan hari.