26 September 2018

Komnas HAM Ditunggangi Banyak Kepentingan

KONFRONTASI - Politisi PDIP Arteria Dahlan mempertanyakan kinerja Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Menurutnya, kinerja Komnas HAM sudah tidak sehebat saat lembaga tersebut itu dibentuk.

Arteria Dahlan bahkan menyebut bahwa kinerja Komnas HAM saat ini kurang greget dan tidak substansial.

"Gebrakan Komnas HAM masih belum greget, belum substansial, kami rindu yang dulu berani melawan kekuasaan negara. Padahal janji lalu itu, menuntaskan HAM berat," tutur anggota Komisi III DPR RI itu saat Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR dengan Komnas HAM di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (19/3).

Lebih dari itu, Arteria juga menilai bahwa Komnas HAM saat ini telah ditunggangi banyak kepentingan. Ini lantaran banyak terobosan, langkah, dan aksi Komnas HAM yang tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang dimiliki, sehingga tidak lagi efektif dalam menyelesaikan banyak kasus.

"Saya lihat Komnas HAM sudah ada yang menunggangi. Contoh, kasus Novel itu tidak perlu tim pemantau, dasarnya apa? Komnas HAM bisa langsung ke polisi bukan membawa banyak pihak lagi," ujar Arteria.

Arteria juga mengimbau Komnas HAM agar tidak genit mengurusi banyak hal, sehingga bisa fokus dalam mengerjakan tugas yang dimiliki.

"Bantu kita dalam memberikan informasi yang seimbang. Semua lembaga genit ngurusin Pilkada, Polri, KPK, ini Komnas HAM (juga ikut) membentuk tim pemantauan pilkada lagi," sindir Arteria.[ian/rml]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...