22 August 2019

Kisruh Kabinet Jokowi-JK, Fungsionaris NasDem Salahkan Tim Transisi dan Rini Soemarno

KONFRONTASI - Fungsionaris Partai NasDem, Despen Ompusunggu menilai pengunduran pengumuman kabinet tidak menyalahi amanat Konstitusi. Tetapi di sisi lain harus dipahami bahwa pengunduran itu merupakan bentuk kegagalan tim transisi yang dipimpin Rini Soemarno dalam mengimplementasi, sekaligus menterjemahkan visi misi Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, tim transisi mampu menterjemahkan arsitektur kabinet kerja, serta menemukan figur menteri profesional, berintegritas dan bersih dari perkara korupsi.

“Silang sengkarut proses penyusunan kabinet dan nomenklatur kementerian pasca pelantikan Jokowi-JK jelas merupakan kegagalan Tim Transisi pimpinan Rini Soemarno yang tidak cakap mengantisipasi tarik-menarik berbagai kepentingan politik yang melekat pada Jokowi-JK, khususnya kalangan partai politik,” ujar Despen Ompusunggu (Kamis, 23/10).

Menurut Despen, pelibatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi (PPAT) sebagai instrumen guna memastikan integritas calon menteri patut diapresiasi, walau pembentukan kabinet sepenuhnya merupakan domain dan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

Kelemahan tim transisi dalam mengantisipasi hal-hal tersebut di atas akhirnya menjadi blunder politik yang mengganggu Jokowi-JK.[ian/rm]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...