19 November 2019

Kasat Reskrim Polres Kendari Diperiksa Terkait Tewasnya 2 Mahasiswa UHO Saat Demo Ricuh

Konfrontasi - Sidang Perdana Kasat Reskrim Polres Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), AKP DK menjalani sidang disiplin terkait kasus penembakan mahasiswa saat aksi unjuk rasa di DPRD Kota Kendari. Sebelumnya lima anggota polisi juga telah menjalani sidang disiplin untuk kasus yang sama.

Sidang AKP DK dilaksanakan di Ruang Sidang Bid Propam Polda, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/10/2019).Selain AKP DK, polisi yang diperiksa yakni GM, MA, MI, H dan E.

Kabid Propam Polda Sultra, AKBP Agoeng Adi Koerniawan mengatakan perbedaan jadwal sidang disebabkan ke enam terperiksa ini memiliki Atasan Yang Berhak Menghukum (ankum) yang berbeda.

“Perintah Kapolri, supaya tidak membawa senjata api saat pengamanan aksi, namun dari hasil pemeriksaan yang nanti akan dibuktikan di persidangan diduga yang bersangkutan membawa senjata api,” kata Agoeng.

Untukk lima terperiksa sebelumnya, sudah dipindahkan di bagian Pelayanan Markas (Yanma), sedangkan AKP DK dipindahkan kebagian operasional. AKP DK berpangkat perwira sedangkan lima terperiksa lainnya berpangkat bintara.

Sidang ini kata Agoeng merupakan sidang perdana, namun berapa kalinya sidang yang akan dijalani tergantung dari sidang selanjutnya. Bila pimpinan sidang menyatakan sudah cukup, mungkin bisa 2-3 kali sidang.

Ke enam polisi ditetapkan sebagai terperiksa dalam kasus meninggalnya Immawan Muhammad Randi (21) dan Muh Yusuf Kardawi (19) yang merupakan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari. Mereka diduga melanggar SOP dengan membawa senjata api saat pengamanan aksi unjuk rasa tolak Revisi UU KPK di kantor DPRD Sultra, Kamis (26/9/2019).

Dari informasi yang dihimpun, tiga dari enam terperiksa terbukti melepaskan tembakan saat pengamanan aksi unjuk rasa. Namun hingga kini Tim Investigasi Mabes Polri belum mau menyebutkan siapa ke tiga anggota polisi yang dimaksud. (inws/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...