BNN Ringkus Pengedar Narkoba Internasional Jaringan 'Mike Tyson'

Konfrontasi - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggulung jaringan sindikat pemasok narkotika jenis sabu berskala internasional.

Dalam pengungkapan kasus itu, BNN menangkap pria bernama Muhammad Adam, yang tak lain kepala dari kurir-kurir pemasok sabu dari luar negeri. Ada 8 kurir narkoba yang bekerja di bawah komando pria yang berperawakan mirip petinju legendaris, Mike Tyson.

"Nah ini, komandannya nih, kayak Mike Tyson," ujar Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso, Jumat (13/5/2016).

Meski telah menjadi komandan para kurir narkoba, tapi Adam hanya mengaku, dia baru tiga kali memasok sabu-sabu dari luar negeri ke Indonesia. Sabu itu, menurut Adam, dipasok dari Malaysia.

"Baru tiga kali Pak. Mau diedarkan di Jakarta saja. Kirim dari Malaysia," kata Adam ke Budi Waseso di kantor pusat BNN Jakarta.

Mendengar jawaban Adam, Budi Waseso pun menambahkan, Adam mendapatkan sabu dari bandar besar di Malaysia. Namun, menurut Budi, asal sabu itu sebenarnya dari Tiongkok.

"Aslinya dari Tiongkok, semua transit di Malaysia. Nah bapak ini yang terima salah satunya dan edarkan. Mereka semua positif (narkoba)," kata pria yang akrab disapa Buwas itu.

Adam dan delapan kurirnya, mengedarkan sabu sebanyak 54.276,9 gram dan ekstasi sebanyak 40.894 butir.

Di akhir gelar kasus, Adam menyatakan permintaan maaf kepada Presiden RI, Joko Widodo, dan Adam mengaku menyesali perbuatannya.

"Saya minta maaf pada Pak Presiden RI, Pak Joko Widodo. Saya menyesal atas perbuatan saya," kata Adam.

Adam ditangkap bersama 8 anak buahnya, masing-masing bernama David (41 tahun), Deni (43 tahun), Romi (35 tahun), Syahrir (43 tahun), Rika (29 tahun) Ridwan (36 tahun), Hasrianto (37 dan Adit (34 tahun). (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA