19 November 2019

ASDP: Pelabuhan Meulaboh Tak Terdampak Supermoon

Konfrontasi - Aktivitas pelayanan jasa penyeberangan di Pelabuhan Kuala Bubon Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, tidak terganggu akibat gelombang pasang dampak dari fenomena alam Supermoon dan bulan purnama.

Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Indonesia (Persero) perwakilan Meulaboh, Desrizal Marbeth, mengatakan aktivitas pelayaran normal dan kapal feri dapat sandar dengan aman.

“Kapal feri dapat sandar dengan baik, kondisi alun gelombang tidak begitu besar sehingga bisa menurunkan penumpang dan sandar dengan aman, sampai diberangkatkan tadi, tidak ada kendala,” katanya di Meulaboh, Minggu (20/1/2019).

Lintasan tersebut dilayani oleh Kapal Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang, kedatangan ke dermaga Kuala Bubon Meulaboh pukul 07.00 WIB dan keberangkatan tujuan Sinabang pukul 14.00 WIB, jadwal hari Jum’at (18/1) dan Minggu (20/1).

Biasanya, sedikitnya terjadi perubahan angin memicu gelombang di kawasan pantai, kapal feri tidak bisa sandar dengan aman ke dermaga karena bisa – bisa terhempas ke sisi dermaga pelabuhan hingga membuat tali tambatan kapal terputus.

Desrizal mengatakan pada Minggu siang (20/1), kapal berangkat dengan muatan penuh karena pengguna jasa saat ini sudah menumpuk di dermaga pelabuhan Kuala Bubon Meulaboh karena pelabuhan Labuhanhaji tidak beroperasi.

Calon pengguna jasa dari daratan barat selatan Aceh yang tujuan ke Sinabang sementara ini dialihkan lewat pelabuhan Meulaboh karena KMP Teluk Labuhanhaji tidak beroperasi karena rusak dan dalam masa perbaikan.

“Membludak tidak juga, memang terjadi peningkatan penguna jasa karena bertumpu ke sini atau dialihkan dari Labuhanhaji ke Meulaboh, demikian juga untuk kedatangan kapal yang berangkat dari Sinabang ke Meulaboh,” pungkasnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Gofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Meulaboh menyampaikan, dampak dari fenomena alam Supermoon biasanya menimbulkan peningkatan pasang air laut di beberapa wilayah Indonesia.

Fenomena alam Supermoon diperkirakan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 19 – 20 Januari 2019, potensi adanya peningkatan gelombang laut terjadi pada malam hari ketika berlangsungnya fenomena alam itu.

“Wilayah kita barat selatan Aceh ini, tidak begitu terpengaruh Supermoon. Tapi, ada baiknya penyeberangan feri dan nelayan diperhatikan untuk area sepanjang samudera hindia,” demikian prakirawan BMKG Angga Yudha. (akt/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...