Ade Komaruddin: Ical Golkar Pasti Didukung Megawati

KONFRONTASI - Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional (Munas) IX di Bali optimistis Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan mengakui kepengurusan mereka. 

Bahkan Megawati diyakini tidak akan mengintervensi kadernya yang telah menjadi Menkumham Yasonna Laoly, dalam menangani persoalan yang terjadi di partai berlambang beringin.

"Mbak Mega pasti mendukung," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar hasil Munas IX Bali, Ade Komaruddin kepada wartawan di Jakarta, Senin (8/12).

Dia beralasan, Megawati adalah ketum dari partai paling senior di Indonesia. Mantan presiden perempuan itu, ujar Ade, sudah merasakan asam garam memimpin partai, termasuk pahit getirnya.

"Ibu Mega pernah merasakan sakitnya diintervensi pemerintah Orde Baru saat terpilih menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan dalam Kongres Medan tahun 1993," kata Akom, begitu Ketua Fraksi Partai Golkar ini .

Dengan alasan itu dia pun meyakini Megawati tidak akan melakukan hal yang sama kepada partai lain.

Hal lain yang membuat Ade optimis adalah Golkar tidak memiliki konflik dengan Megawati. Golkar bahkan turut mendukung terpilihnya Megawati sebagai presiden menggantikan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) lewat Sidang Istimewa MPR.

"Kami tidak pernah mengerjai beliau (Mega). Bahkan kita yang mendorong dia menjadi presiden," katanya lagi.

Ade menilai Munas IX di Ancol bersifat ilegal. Sebab Munas pimpinan Agung Laksono tersebut tidak diikuti oleh pemilik suara sah yang berasal dari unsur pimpinan DPD I provinsi, DPD II kabupaten/kota, dan ormas sayap partai pendiri serta yang didirikan. 

"Semua dokumen kita (Munas Bali) bisa dipertanggungjawabkan," katanya.[ian/rm]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA