1 May 2017

Peluk Islam, Sophia Latjuba: Bukan Karena Urusan Duniawi

KONFRONTASI - Sophia Mueller (dulu Latjuba) membawa kabar baru. Wanita kelahiran Berlin Barat, Jerman, 18 Agustus 1970 ini dipercaya sudah menjadi mualaf. Hal ini dipicu posting-an Sophie di account Instagram-nya, tentang buku mengenai agama Islam yang ia baca berjudul First Muslim.

“Finally got the English version,” kicaunya.

Tanda-tanda Sophie menjadi muslimah kian terlihat manakala ia membenarkan kabar tersebut usai mengisi sebuah acara, Senin malam lalu. “Iya, sudah lah (mualaf). Sangat menikmati. Saya terus belajar. Sangat nyaman, saya mualaf,” ujar bintang film Bilur-Bilur Penyesalan dan Kuldesak ini.

Keputusannya mualaf lantas dipercaya bakal memuluskan hubungan asmaranya dengan Ariel Noah yang belakangan sudah menjadi rahasia umum. Namun, Sophie lekas menepis tudingan ia mualaf karena Ariel.

 “Bukan karena siapa-siapa. Karena saya dan Tuhan. Bukan (karena Ariel), bukan karena saya mau ngapa-ngapain, bukan urusan duniawi,” tegasnya.

Saat didesak lagi, Sophie enggan menceritakan detail apa gerangan yang mendorongnya berganti keyakinan.

“Ini private banget sih soal agama, bukan urusan siapa-siapa saya mualaf atau tidak,” ucap pelantun Hanya Untukmu dan Kangen ini.

Berbekal pengalamannya bertutur, Sophie enggan gamblang menjelaskan sejauh mana hubungan asmaranya dengan Ariel. Ia menyerahkan publik menilainya sendiri berdasarkan foto-foto kebersamaannya dengan mantan suami Sarah Amelia itu.

“Sudah lah nggak usah dibahas. Lihat fotonya saja, sudah beredar,” katanya seraya tertawa. Perihal foto terbaru dimana dia kepergok bersama Ariel di Bali, Sophie berkilah momen itu bukanlah suatu kemesraan.

“Sama Manu (anak) ke Bali. Memang kebetulan ada perlu sih, pekerjaan di Bali. Dia (Manu) sudah kenal sosok Ariel,” ujarnya tersenyum.

Kata-kata tersirat itu kian membenarkan rumor asmara itu menjadi kenyataan. Toh begitu, Sophie merasa tak perlu blak-blakan kepada publik.

“Ya. I’m ok with that. Di luar benar atau tidak, I don’t mind orang sudah biasa membicarakan hidup saya,” jelasnya.

Berbagai rumor juga tidak menganggu keluarga Sophie. Khususnya untuk Eva Celia dan Manuella Aziza Villareal. Kedua putrinya itu sudah tahu ada Ariel di kehidupan Sophie.

“Eva dan Manu sudah tahu sebelum itu ke media. Kita kan tinggal sama-sama, biarkan media bicara soal itu,” cetusnya.

“Opini publik sudah terbentuk, apa pun yang saya ngomong pasti ada yang suka ada yang tidak. Kata nenek saya bilang, akan ada yang benci apapun yang kamu lakukan. Dan akan ada yang mendukung sama apa yang kamu lakukan. Yang benar-benar cinta saya itu keluarga dan teman,” imbuhnya panjang lebar.

Usia Sophie sudah 43 tahun, sedangkan Ariel 32 tahun. Namuan perbedaan usia 9 tahun itu dirasa Sophie bukan masalah. “Berdasarkan pengalaman, mendapatkan seumuran dan lebih muda, umur bukan jaminan. Kepercayaan satu sama lain, itulah trust. Teori ini susah untuk dipraktikkan tapi harus ya,” ujarnya beralasan.

“Iya sudah nggak zamannya lagi ya (umur). Pikiran, experience, knowledge. Dari awal harus punya kepercayaan dari masing-masing, trust,” tegasnya.

Sudah dua kali Sophie gagal membina rumah tangga. Namun, ia masih bersemangat untuk menikah lagi. “Yes, of course. Saya ingin suatu saat nanti menikah lagi,” ucap Sophie.

Baginya, kandasnya pernikahan bersama Indra Lesmana dan Michael Villareal bukanlah kegagalan. Melainkan pengalaman yang berharga.

“Saya dua kali menikah. Dan saya belajar, pelajarannya adalah saat masuk ke pernikahan itu harus stabil, seimbang. Bukan hanya finance, tetapi pondasi juga harus kuat,” celotehnya.

“Kalau saya punya suami dan harus pisah itu nggak ada yang gagal. Tapi belajar, keputusan semua ada di kita ya,” tandasnya. (Juft/JPNN)

Category: 

loading...


News Feed

Berita Lainnya

loading...