23 February 2020

Menengok Masjid Kuno Bayan Beleq di Lombok

KONFRONTASI-Lombok dikenal sebagai kota 1001 masjid. Di sini juga terdapat masjid tertua yang masih ada hingga saat ini. Ialah Masjid Kuno Bayan Beleq.

Masjid ini dibilang kuno, karena sudah ada sejak abad ke-17 dengan bangunan yang masih sama persis seperti ketika awal dibangun. Jika wisatawan yang sedang libur Lebaran di Lombok dan pergi ke sini, maka akan mendapati suasana zaman dulu saat melihat dinding masjid yang terbuat dari anyaman bambu.

Ya, bangunan ini memang masih tradisional sekali, dinding masjid terbuat dari anyaman atap pun berbentuk seperti kerucut dengan material dari bilah bambu yang tersusun sangat rapih.

Luas bangunan masjid juga tidak besar layaknya masjid modern pada masa kini. Bangunan masjid Kuno Bayan Beleq ini hanya berukuran 9 x 9 meter persegi, dan alas yang digunakan untuk membangun masjid terbuat dari susunan batu kali.

Selain itu, sekitar Masjid Kuno Bayan Beleq ini ada banyak makam-makam kramat dari ahli agama yang sudah terkubur lama. Di antaranya ada Pawelangan, Titi Mas Puluh, Sesait dan Karem Saleh. Di mana mereka menjadi tokoh penyiaran agama Islam di Lombok.

Ada juga makam sangat kuno yang sudah ada sejak zaman Masehi ialah Makam Reak atau makam Syekh Abdul Razak, sosok ulama yang menyebarkan Islam ke banyak negara di abad ke-16 Masehi.

Jika Anda pergi ke sini Anda tak hanya bisa beribadah dan ziarah. Sebab, pemandangan hutan liar yang juga masih asri bisa dirasakan ketika berjalan di sekitar area masjid Kuno Bayan Beleq yang berlokasi di Lombok Utara.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...