20 July 2019

Apakah Ada Doa Ampunan untuk Para Pendahulu Kita?

KONFRONTASI -  DOA agar amal para leluhur diterima oleh Allah Ta'ala bukan berarti menentang ayat Al-Quran. Sebab ayat itu berisi jaminan bahwa amal setiap orang pasti diterima. Ayat itu hanya menyebutkan bahwa semua perbuatan baik maupun buruk, pasti akan dilihat Allah. Tetapi apakah akan dinilai sebagai amal yang diterima, ayat itu tidak menjamin.

Bahkan amal-amal yang kita lakukan ini, yang kita anggap pasti diterima, belum tentu diterima oleh Allah. Tidak ada jaminan semua amal baik yang kita lakukan pasti diterima. Juga tidak ada jaminan bahwa suatu kesalahan yang tidak kita sengaja akan diampuni Allah.

Bahkan tidak ada jaminan bahwa seorang yang kelihatannya baik, alim dan shalih, pasti akan mendapatkan kenikmatan di alam kuburnya serta pasti masuk surga. Maka kita berdoa kepada Allah, agar orang tua kita itu diterima amalnya, diampuni dosanya, diluaskan kuburnya serta dijadikan kubur itu raudhah min riyadhil jannah (kebun dari kebun-kebun surga).

Doa seperti ini telah disyariatkan oleh Allah dan rasul-Nya, sehingga tidak ada alasan buat kita untuk menentang orang yang melakukannya. Tetapi juga tidak diwajibkan, sehingga kalau anda tidak berkenan untuk mendoakan orang tua anda yang sudah di alam kubur, maka anda tidak berdosa. Wallahu a'lam bishshawab. [Jft/Inilah]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...